Senin, 23 Juni 2014

Tips Sederhana Agar Mata Mudah Terpejam dan Bisa Tidur Nyenyak Malam Ini

Meski mata bisa terpejam, pernahkah Anda gelisah hingga tidur pun menjadi tidak nyenyak? Jika seperti itu, bisa dipastikan keesokan harinya tubuh tak terlalu segar ketika bangun tidur. Dikatakan Profesor David Hillman, ahli anestesi, dokter tidur, dan ketua Sleep Health Foundation, beberapa masalah kesehatan bisa membuat seseorang sulit terpejam atau bahkan terbangun di malam hari. Meskipun demikian ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar mata lebih mudah terpejam dan bisa didapatkan tidur malam yang nyenyak seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (19/6/2014): 

1. Waktu tidur cukup 
Prof Hillman mengatakan biasakan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari. Misalnya saat tiba waktu libur, jangan memperpendek waktu tidur karena begadang. "Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam karena waktu tidur yang konstan bisa Anda mulai sejak berusia 20 tahun," kata prof Hillman.
2. Beri waktu tidur pengganti 
Jika dirasa waktu tidur kurang dari biasanya, Anda bisa menggantinya dengan tidur sejenak di waktu siang tetapi jangan terlalu lama, cukup dengan tidur siang singkat 30 menit sampai satu jam.
3. Hindari makan besar dan kafein sebelum tidur 
Dikatakan prof Hillam makanlah dengan jam yang rutin dan hindari makan besar larut malam. Selain itu hindari juga konsumsi kafein di sore hari. "Jika ingin mengonsumsi minuman hangat sebelum tidur, sebaiknya pilih teh atau kopi yang rendah kafein," tutur prof Hillman.
4. Pastikan lingkungan kondusif 
"Pastikan lingkungan kamar tidur Anda kondusif untuk tidur di antaranya dengan karakteristik gelap, tempat tidur yang nyaman, suhu udara tepat, dan tidak ada televisi," kata prof Hillman.
5. Jangan bawa kekhawatiran ke tempat tidur 
"Lupakan sejenak permasalahan Anda dan jangan bawa kekhawatiran Anda ke tempat tidur. Jika diperlukan sebelum pergi ke tempat tidur tuliskan dulu dafrat kekhawatiran Anda dan rencana untuk keesokan harinya," ucap prof Hillman. Ia mengingatkan jika ada yang berubah dengan pola tidur Anda setelah mengonsumsi obat, segera berkonsultasilah ke dokter.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR