Sabtu, 02 November 2013

Ibu Hamil Sulit Tidur di Malam Hari? Ini Tips Mengatasinya

Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil yakni sulit memejamkan mata saat malam hari. Misalnya karena merasa mulas, pinggul linu, ingin buang air kecil di tengah malam, atau terganjal kondisi perut yang besar. Menurut Dr Leigh Signal, co-assosiate director dan peneliti senior di Massey University's sleep/wake research center melakukan studi di Selandia Baru. Ia mengatakan hal terjelas yang bisa dilakukan wanita agar bisa mendapat tidur dengan kualitas baik selama kehamilan yakni melalui prinsip 3P yaitu planning, prioritising, and preparing. "Solusi paling jelas adalah membuat tidur menjadi prioritas meskipun itu tidak selalu mudah. 

Tapi ini menjadi bagian penting untuk merawat diri sendiri dan bayi Anda kelak," kata Leigh. Namun, Leigh mengingatkan jika Anda seringkali mendengkur dengan keras atau sering mengalami henti napas, maka akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Leigh pun membagi tips yang bisa dilakukan ibu hamil agar lebih mudah memejamkan mata, seperti dilansir Essential Baby, Jumat (1/11/2013): 

1. Jangan khawatir tentang insomnia 
Jika Anda tidak bisa tidur, jangan berbaring di tempat tidur dan memaksa mata Anda terpejam. Bangunlah dari tempat tidur dan lakukan beberapa kegiatan misalnya membaca, merajut, menulis d jurnal, merenda baju bayi, atau mandi air hangat. Aktivitas yang menenangkan dan lambat laun 'membosankan' bisa membuat Anda lebih mudah terlelap. Hindari membaca dari tablet atau handphone serta mengecek media sosial, email, atau berita di malam hari.  

2. Perhatikan posisi tidur 
Hindari tidur dengan posisi berbaring telentang. Jika bisa, cobalah tidur dengan menghadap ke samping. Selain itu gunakan juga bantal di antara lutut dan di bawah perut sebagai penopang tubuh Anda. Juga gunakan ganjalan bantal di bagian punggung untuk membuat Anda nyaman.  

3. Olahraga 
Setidaknya lakukanlah olahraga selama 30 menit setiap hari. Tak harus olahraga berat, Anda bisa mencoba yoga, jalan kaki, atau pilates. Olahraga dan relaksasi setiap hari bisa mempermudah tidur Anda di malam hari
.  
4. Minum cukup air dan perhatikan menu harian 
Minumlah banyak air di siang hari tapi kurangi jumlahnya saat hari beranjak malam. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tak mudah terbangun di malam hari akibat ingin buang air kecil. Untuk menu sehari-hari, hindari gorengan serta makanan asam dan pedas. Selain itu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering.  

5. Rencanakan tidur dengan baik 
Batasi apa yang Anda lakukan di malam hari. Pergi ke tempat tidur lebih awal dari waktu biasanya memang sulit,tapi itu lebih baik daripada Anda tidur melebihi waktu biasanya.  

6. Tidur siang 
Jika Anda merasa ngantuk di siang hari dan merasa bisa tidur, maka lakukanlah. Tapi jangan lakukan jika itu sekiranya bisa membuat Anda justru sulit tertidur di malam hari.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR