Sabtu, 06 Juli 2013

Awet Muda dan Jaga Berat Badan dengan Secangkir Teh

Bagi sebagian orang, teh kerap dijadikan minuman di pagi hari atau sebagai minuman pengisi waktu luang. Sejak ribuan tahun lalu, teh sudah banyak dikonsumsi masyarakat dari berbagai belahan dunia. Studi menunjukkan bahwa di balik kemasannya yang mungil, teh memiliki keajaiban luar biasa bagi kesehatan. Berikut ini manfaat hebat teh, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (5/7/2013):  

1. Bantu jaga berat badan 
Ekstrak teh hijau dapat menghambat pemebentukan lemak dalam tubuh. Berdasarkan studi di Journal Obesity tahun 2011, tikus yang diberi diet tinggi lemak dan teh hijau pertambahan berat badannya cenderung lebih lambat dibanding tikus yang tidak diberi teh hijau. Untuk mendapatkan teh hijau, Anda sebaiknya menghindari teh hijau kemasan dalam botol karena mungkin sudah mendapat banyak tambahan gula. Untuk mendapatkan teh hijau yang sehat, cukup seduh teh hijau alami dengan air mendidih.  

2. Penglihatan lebih baik 
Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa komponen teh hijau secara positif memengaruhi jaringan mata, terutama yang berkaitan dengan retina. Oleh karena itu, dengan konsumsi teh hijau, maka stres oksidatif pada mata, yang mengakibatkan mata rentan terhadap penyakit, bisa diminimalisir.  

3. Awet Muda 
Teh putih bisa membantu Anda terlihat awet muda karena teh putih mengandung polifenol yang tinggi. Dalam sebuah studi, ekstrak teh putih bisa memperbanyak produksi elastin dan kolagen yang berguna untukk menghambat adanya kerutan. Teh putih juga mengandung antioksidan dan bisa menjaga sendi-sendi muda pada tubuh.  

4. Kurangi Stres 
Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hitam bisa mengurangi kadar hormon stres pada partisipan studi tersebut. Teh hitam juga bisa menurunkan tekanan darah, lho. Studi yang diterbitkan Journal of American Medical Association menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam selama enam bulan, dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Pada tahun 2012, ada sebuah studi yang menemukan bahwa kafein dalam teh dapat membanttu mengurangi risiko diabetes secara keseluruhan.  

5. Memperkuat jantung 
Teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi endotel sehingga membuat jantung Anda lebih kuat. Namun, ingat, jangan pernah menambahkan susu ke dalam teh jika Anda ingin mendapat khasiat teh yang maksimal. Hal ini dikarenakan kasein dalam susu sebenarnya mengurangi manfaat kardioprotektif yang bisa Anda dapatkan dari teh. Nah, bagi Anda yang belum terbiasa minum teh, tak ada kata terlambat untuk membiasakan diri minum teh. Cobalah berbagai jenis, rasa, dan merek teh untuk menemukan tea-mate Anda.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR