Jumat, 06 Maret 2015

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Secara Alami

Telinga adalah salah satu panca indra yang sangat penting bagi manusia. Tanpa telinga manusia akan sulit dalam melakukan komunikasi karena tak bisa mendengar. Menjaga kesehatan dan kebersihan telinga sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Organ telinga juga perlu di rawat sebagaimana layaknya tubuh yang lainnya. Telinga merupakan bagian aset kesehatan yang tak bisa di lewatkan. Biasanya di keseharian kita sering mengalami telinga berdenging, akan tetapi kita sering mengabaikan telinga berdenging ini. 
Coba anda bayangkan, jika setiap hari anda mengalami telinga berdenging, pasti akan menggangu aktifitas anda. Hal ini tentu tidak bisa di anggap sepele demi menjaga kesehatan telinga. Di masyarakat luas beredar tentang mitos Telinga berdenging. Ada yang mengatakan jika telinga seperti mendengar bunyi ngiring berarti ada orang lain yang sedang membicarakan kita. 

Hal ini berbeda di dalam islam. Cerita yang beredar di dalam islam jika telinga seperti mendengar bunyi nging seperti itu berarti rasullah sedang menyebut nama anda di alam sana sehingga sebaiknya membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi semua itu hanya mitos, sebenarnya telinga berdenging ini dapat dijelaskan secara ilmiah kenapa bisa terjadi pada anda.

Penyebab Telinga Berdenging 

Telinga berdenging kadang kala menyebabkan anda merasa tak nyaman. Hal ini biasanya karena faktor telinga yang terlalu kotor. Selain itu dalam beberapa kasus bunyi yang terjadi pada telinga tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada tubuh semisal flu atau pilek. Selain itu mendengarkan musik terlalu keras, telinga kemasukan air, bahkan usia juga mempengaruhi terjadinya hal ini. Kasus telinga yang berdenging ini pada umumnya di sebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara pada telinga bagian luar dan bagian dalam. Sehingga menyebabkan bunyi denging pada telinga. Oleh karena itu harus berhati hati jika di biarkan bisa saja mengakibatkan ketulian.  

Tips Mengatasi Telinga Berdenging 

Telinga berdenging bisa di atasi dengan tip tip sederhana. Berikut kami uraikan satu persatu. 

Pertama, cara yang termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meniup telinga anda. bunyi denging yang ada pada telinga di sebabkan oleh adanya tekanan udara yang berbeda di telinga dan di luar telinga. Hal ini bisa dilekukan dengan meminta bantuan orang lain untuk meniupkan udara pada telinga anda. Selain itu anda bisa meniupkan udara pada tangan anda, kemudian gengam dan dekatkan pada telinga.  

Kedua, mengatasi telinga berdenging adalah dengan membersihkan telinga. Hal ini bisa di sebabkan oleh adanya kotoran yang terlalu banyak pada telinga. Gunakan cotton bud dengan minyak pembersih telinga agar tidak sakit saat membersihkan telinga. Jika anda mengalami Telinga berdenging janganlah mendengarkan musik terlalu keras atau memakai headset dengan suara yang keras. Hal ini cukup berbahaya karena bisa saja mengakibatkan ketulian.  

Tips lain untuk mengatasi telinga berdenging adalah dengan cara cukup istirahat. Tubuh yang kurang istirahat bisa menyebabkan telinga terganggu. Telinga yang berdenging juga bisa dijadikan indikator kesehatan yang tidak stabil sehingga perlu cukup istirahat. Selain itu konsumsi alkohol dan rokok juga bisa menyebabkan gangguan ini. Jika anda salah menempatkan posisi tidur juga bisa menyebabkan hal ini. 

Suara denging yang anda dengar bisa di akibatkan oleh adanya telinga yang tersumbat oleh bantal. Posisi tidur yang salah menyebabkan tekanan udara pada telinga menjadi tidak stabil dan berbeda sehingga seolah olah anda mendengar bunyi denging. Oleh karena itu sebaiknya anda jangan sampai salah tidur. Menjaga posisi tidur dan menjaga kesehatan badan adalah usaha untuk menjaga kesehatan telinga. Bagaimanapun telinga adalah aset yang sangat penting dan vital bagi kesehatan badan.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat, 
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Andre Fillophy duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR