Rabu, 10 Maret 2010

10 Tanda, Anda Harus Mencari Pekerjaan Baru

Tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan impian. Untuk sampai pada posisi puncak, Anda harus bekerja dari bawah dengan cara dan kemampuan Anda sendiri. Meskipun tak seorang pun suka berada di posisi bawah, tetapi mengetahui ada cahaya di ujung jalan untuk menuju perjalanan puncak akan memotivasi diri Anda.

Namun, terkadang saat ditengah perjalanan meniti karier Anda merasa terjebak dalam situasi yang membuat Anda bimbang dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Anda baru menyadari bahwa posisi tersebut bukanlah yang Anda inginkan sebenarnya.

Berikut 10 tanda yang menunjukan bahwa sudah waktunya Anda berganti karier dan mencari pekerjaan baru di tempat lain :

1. Ketika hari Senin merusak weekend Anda. Apakah pekerjaan mengintimidasi Anda di Minggu pagi dan membuat Anda ketakutan ketika bangun di Senin pagi? Jika jawaban ya, maka sudah saatnya Anda mencari pekerjaan baru. Sebisa Anda harus menghindari hal-hal yang membuat Anda merasa tak bahagia, baik di dalam maupun di luar kantor.
2. Anda tidak lagi menghormati sang atasan. Hubungan dengan atasan memiliki dampak yang besar dalam kehidupan profesional Anda. Sudah sewajarnya Anda menghormati bos ataupun CEO karena merekalah yang akan memberikan promosi dan menentukan dimana seharusnya Anda berada. Namun sayangnya, tak semua bisa berjalan sesuai keinginan. Mungkin Anda berhadapan dengan bos yang menyebalkan. Jika Anda tidak bisa menghormatinya meski sudah mencoba, maka mungkin bukan pekerjaan ini yang Anda inginkan. Cobalah untuk fokus mencari kerja Anda di tempat lain.
3. Kurang puas dan merasa tidak mampu menyelesaikan tugas. Setelah berjam-jam Anda bekerja, sudah sewajarnya Anda menghargai dan merasa bangga dengan hasil kerja Anda. Meskipun tugas Anda terlihat sepele, namun Anda merasa puas karena telah memberikan kontribusi untuk perusahaan, maka pekerjaan Anda pantas dipertahakan. Sebaliknya, jika Anda terus menerus mengeluh dan bertanya “Apa artinya semua ini?” dan tidak pernah menemukan kepuasan atau merasa mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, maka mungkin Anda harus mempersiapkan surat pengunduran diri.
4. Bosan dan merasa jenuh. Anda sudah merasa jenuh dan bosan dengan dunia yang Anda geluti. Anda memperhatikan apa yang dilakukan sang atasan dan tidak menemukan sesuatu yang menarik di dalamnya. Job descriptions untuk posisi Anda terdengar membosankan. Tidak seorang pun layak menjalani kehidupan yang membosankan, jadi mulailah beralih dan temukan beberapa hal yang meyenangkan.
5. Tidak merasa nyaman. Apakah anda cenderung merasa sebagai sosok karyawan yang tidak memuaskan di perusahaan? Sering terjebak kemarahan dengan pekerjaan anda? Terlibat konflik etika dan nilai dengan perusahaan, atau mungkin tidak sepaham dengan kebijakan manajemen? Jika anda merasa demikian maka sudah saatnya Anda keluar sebelum situasi semakin tak menyenangkan dan membuat Anda semakin tidak kerasan.
6. Bekerja kurang optimal. Setiap orang pasti tahu batas kemampuan dirinya masing-masing. Namun terkadang kita sering tidak peduli dengan sebuah proyek yang sedang dikerjakan dan cenderung bekerja di bawah potensi kita. Melakukan usaha seminimal mungkin terhadap pekerjaan Anda, menunjukkan bahwa Anda kurang bergairah dengan karir Anda saat ini. Jika Anda tidak peduli, maka pekerjaan Anda tidak ada artinya.
7. Tidak ada peningkatan dalam karier. Jika Anda merasa pekerjaan Anda tidak ada peningkatan, selalu melakukan pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun atau posisi Anda saat ini tampaknya kurang menarik, lalu mengapa Anda harus bertahan? Kerja keras Anda harus terbayar sekarang dan Anda berhak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
8. Bertentangan dengan cita-cita. Anda sangat ingin menjadi CEO tetapi merasa sikap kapitalisme di perusahaan Anda harus dihapuskan? Jika iya, mungkin ini bukan jalur karier yang terbaik untuk Anda. Cobalah untuk memilih karir yang lebih relevan dengan cita-cita Anda. Jika Anda menemukan bahwa pekerjaan saat ini bertentangan dengan prinsip-prinsip Anda, maka selamatkan diri Anda dan mulailah mencari karier yang sesuai dengan cita-cita Anda.
9. Tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jika selama seharian Anda duduk di ruang rapat, namun Anda merasa bingung dengan apa yang sedang dibicarakan semua orang dan sama sekali tidak dapat memahami konsep-konsep yang dijelaskan (tidak peduli berapa kali mereka akan menjelaskan kepada anda), maka jelas Anda berada pada jalur karir yang salah. Carilah pekerjaan yang benar-benar Anda mengerti dan yang lebih penting, Anda bersemangat mempelajarinya lebih jauh.
10. Pekerjaan mempengaruhi kehidupan pribadi. Jika kekecewaan Anda terhadap pekerjaan sudah mempengaruhi kehidupan pribadi, maka akhiri karir Anda sekarang. Pekerjaan Anda tidak boleh menjadi sumber kecemasan setiap hari, dan tidak seharusnya menyebabkan Anda frustasi hingga menyusahkan orang-orang yang Anda cintai. Jika semua masalah Anda berasal dari pekerjaan Anda, maka lepaskan dan nikmati kebahagiaan yang ada.

sumber: conectique.com

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR