Selasa, 21 Januari 2014

Tetap Sehat dan Bersih Saat Fitness di Gym? Yuk Ikuti Aturan Berikut

Meskipun menyehatkan, gym juga merupakan salah satu tempat umum yang bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit, lho. Oleh sebab itu, yuk lakukan beberapa kebiasaan baik selama beraktivitas di gym agar tetap sehat dan bugar secara sempurna. "Jika Anda sedang berada di gym umum, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu saat akan menggunakan handuk dan peralatan lain karena digunakan secara 'berbarengan'," ungkap seorang pakar fitness, Arnav Sarkar. 

Bila perlu, Arnav menyarankan Anda membawa hand sanitiser untuk menjaga tangan tetap steril dan mencegah penularan bakteri dari peralatan gym. Selain itu, biasakan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah latihan. Bahkan jika memungkinkan cobalah untuk membersihkan peralatan olahraga sebelum menggunakannya. "Jangan lupa untuk selalu mandi setelah latihan. Jangan biarkan pakaian kotor Anda yang penuh keringat tersimpan di tas sampai berhari-hari setelah latihan," papar Arnav. Beberapa kebiasaan lain terkait kebersihan yang bisa dilakukan di gym, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (21/1/2014):  

1. Jangan berbagi produk perawatan pribadi Anda dengan orang lain.  
2. Kenakan pakaian bersih setiap kali Anda latihan di gym dan pastikan Anda segera mencucinya setelah latihan selesai.  
3. Biasakan untuk tidak menunda mandi pasca latihan. 
4. Hindari memaksakan diri pergi ke gym jika Anda sedang tidak fit atau sedang sakit

Dikutip dari Daily Mail, sebuah penelitian mengatakan bahwa kebanyakan orang Inggris mengakui mereka mencuci perlengkapan 'bekas' mereka setelah 3 kali nge-gym. Jajak pendapat yang dilakukan pada 1.456 orang tersebut menemukan bahwa setiap orang memiliki standar tinggi yang sama pada kebersihan. 

Namun, ketika ditanya lebih lanjut, terungkap bahwa mereka yang mengaku mencuci peralatannya setiap sehabis penggunaan, sepertiganya kembali mengungkapkan bahwa mereka hanya mengganti baju saj pasca latihan. Jika demikian, maka aktivitas nge-gym akan menjadi percuma karena Anda tetap berisiko sakit akibat infeksi kuman.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR