Kamis, 06 Mei 2010

Tips Alami Hilangkan Ngorok

Mendengkur adalah masalah yang sering dianggap sepele. Hal itu karena bagi orang yang mendengkur tidak merasa terganggu. Justru pasangannya yang merasa terganggu dan membuat tidur menjadi kurang berkualitas.

Sebetulnya, mendengkur adalah efek dari adanya gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, ada cara alami yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Shine. Tetapi, jika dengkuran tetap terjadi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

1. Tidur menyamping
Penyebab dengkuran adalah penyempitan saluran udara di langit-langit mulut. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda tidur menyamping. Untuk tetap menjaga agar Anda tidur menyamping, letakkan bantal di bagian punggung. Bantal akan menjadi penghalang yang mencegah Anda telentang.

2. Gunakan bantal lebih banyak
Gunakan bantal lebih banyak untuk menyangga kepala agar tetap tinggi saat tidur. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga, memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras.

3. Olahraga mulut

Lakukan latihan rahang, lidah dan mulut akan membantu mencegah dengkuran. Lakukan latihan buka dan tutup mulut setiap hari, karena dapat membantu otot sekitar rahang dan mulut lebih releks, sehingga bisa menyalurkan lebih banyak udara dan mencegah dengkuran.

4. Hindari makan berlebih
Makan terlalu banyak bisa memicu orang mendengkur. Saat terlalu banyak makanan, perut juga tidak akan bekerja lebih keras, dan hal ini membuat dengkuran muncul tau lebih nyaring dari sebelumnya.

5. Kurangi berat badan

Sebagian besar orang yang meiliki berat badan berlebih, mendengkur saat tidur. Jika tubuh dalam keadaan besar, saluran udara di rongga mulut menyempit. Hal inilah yang memicu terjadinya dengkuran. Untuk itu, jika bobot tubuh berlebih, lakukan diet dan olahraga, untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi dengkuran.

sumber: Petti Lubis, Mutia Nugraheni, VIVAnews


Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR