Kamis, 07 Mei 2009

KenApA FlAshDisk bisA meNyebAR ViRuS ?!

virus ufdSeiring kemajuan media penyimpan data external, flash disk lah yang paling dominan dan paling terkenal. Di samping bentuknya yang simple, praktis & mudah dibawa kemana-mana.Tapi akhir-akhir ini dikeluhkan banyak orang, lantaran media ini salah satu penyebar virus terbesar & tercepat dari jaman dulu sampai sekarang.
Dalam penyebaran virus lewat media ini sangatlah mudah,

tanpa harus menjalankan file yang terinfeksi virus, virus tersebut otomatis akan menyebar bila flash disk tersebut telah tertancap di komputer.

Berikut ini salah satu penjelasan kenapa hal itu bisa terjadi:

autorun inf virus

Kalau kita perhatikan lebih jeli dalam sebuah root flash disk/cd/Harddisk (drive) terdapat sebuah file bernama: autorun.inf. Seperti gambar di samping.

Kalau kita buka isi dari file autorun.inf ini bersisi script seperti gambar di samping. Perintah open= diikuti nama file adalah skrip atau perintah untuk menjalankan sebuah file atau program. Kalau program atau file tersebut sebuah virus maka jalanlah virus tersebut. Dan icon= diikuti

nama file icon merupakan perintah untuknotepad virus autorun membuka file icon dan berguna untuk mengganti tampilan icon dari drive/cd/flash disk tersebut. Dulu saya suka main-main dengan icon ini untuk menggantikan icon flash disk supaya tampak berbeda.

Fasilitas inilah yang dimanfaatkan oleh virus untuk migrasi ke komputer lain. Jika flash disk/mp3 player atau HP atau media penyimpan lainnya ditanjapkan ke komputer yang terserang virus, maka virus akan membuat file autorun.inf tersebut pada media ini. Dan bagaimana bila setelah ini flash disk tersebut ditanjapkan pada komputer yang belum terinfeksi, otomatis file autorun.inf tersebut jalan dan …..?

Fatal sekali kejadiannya bila komputer tersebut tak mempunyai benteng (anti virus) atau anti virusnya tak mampu mendeteksi virus tersebut.

Memang waktu masih windows 98 ada trik untuk mencegah supaya fasilitas autorun tersebut tak berjalan, yakni dengan menekan tombol shift selama memasukkan CD atau memasukkan flash disk tersebut, namun apakah anda akan selalu ingat untuk melakukan ini selamanya.

Untuk keperluan ini anda bisa ngengeset fasilitas-fasilitas tersembunyi pada windows dengan Tweak UI. Salah satu kemampuan Tweak UI adalah bisa kita gunakan untuk mengaktifkan Autorun pada CD atau media removable lainnya.

Cara lain untuk mengantisipasi ini adalah dengan cara mengaktifkan write-protect pada flash disk kita. Namun dengan cara ini anda hanya bisa mengcopy saja tanpa bisa menulis pada flash disk kita.



Sumber http://maztikno.wordpress.com


Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR