Selasa, 20 Agustus 2013

11 Cara Ini Bisa Membantu Lejitkan Daya Ingat Anda

Tidak hanya orang lanjut usia atau lansia saja yang bermasalah dengan ingatan. Seringkali orang yag masih muda juga pelupa, misalnya lupa di mana memarkir mobil, hingga lupa dengan janji berpergian dengan rekan. Jangan khawatir, ada cara-cara sederhana untuk melejitkan daya ingat. Berikut adalah 11 cara mudah untuk meningkatkan daya ingat, dilansir dari The Week, Selasa (20/8/2013):  

1. Memfokuskan pikiran selama 8 detik 
Sekarang ini segala hal harus dilakukan dengan cepat. Itulah mengapa saran-saran ini tidak ternilai. Ketika Anda sangat perlu untuk mengingat sesuatu, fokuskanlah pikiran Anda paling tidak selama delapan detik. Meski hanya dalam hitungan detik, hal tersebut akan terasa lama saat dilakukan ketika berusaha mengingat jutaan hal, namun sebenarnya hal ini berguna. Studi telah menunjukkan bahwa detik adalah jumlah minimal waktu dibutuhkan untuk sepotong informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang Anda.  

2. Jangan berjalan melalui pintu 
Seringnya ketika Anda berjalan masuk ke dalam ruangan, tiba-tiba Anda akan lupa terhadap apa yang ingin Anda lakukan, mengapa Anda ada berada di tempat tersebut. Jangan khawatir, hal ini tidak menandakan Anda semakin pikun, hal yang membuat pikiran Anda kosong dan lupa adalah karena Anda berjalan melewati pintu. Para peneliti menemukan bahwa peserta dalam studi virtual dan dunia nyata jauh lebih mungkin untuk lupa terhadap objek yang baru saja mereka letakkan dalam sebuah wadah, jika mereka ditanya pada sesaat setelah berjalan melewati pintu. Hal yang sebaliknya terjadi jika mereka membawa objek dalam jarak yang sama di satu ruangan. Para ahli belum tahu mengapa, namun jika kita memasuki suatu tempat baru tampaknya akan membuat kita me-restrat memori.  

3. Kepalkan tangan 
Jika Anda bermasalah dengan mengingat sesuatu saat bekerja, ambil stress ball. Dengan mengepalkan tangan, jika Anda melakukannya dengan benar, secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi. Studi menunjukkan jika Anda tidak kidal (menggunakan tangan kanan untuk menulis), Anda seharusnya mengepalkan tangan kanan Anda sebelum coba menghafal sepotong informasi. Kemudian ketika Anda perlu mengingatnya, kepalkan tangan kiri Anda (proses dibalik untuk kidal). Pastikan untuk mempertahankan posisi tersebut untuk sementara waktu. Penelitian yang menemukan hal ini memiliki para peserta yang meremas dengan baik selama 45 detik sebelum dilepaskan.  

4. Olahraga 
Sains mengatakan bahwa olahraga adalah penyembuh untuk berbagai masalah dan begitu pula dengan masalah ingatan. Tindakan fisik berguna meningkatkan kewaspadaan, suplai oksigen ke otak dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori. Satu penelitian menemukan bahwa setelah melakukan olahraga ringan, wanita mampu mengingat berbagai hal lebih baik dibandingkan sebelum melakukan olahraga. Sementara itu, jogging cepat bisa membantu Anda lebih efektif dalam jangka panjang. Studi yang berbeda menemukan bahwa wanita yang menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar selama enam bulan secara signifikan meningkatkan baik memori verbal dan memori spasial mereka.  

5. Tidur 
Saat masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin kebanyakan orang melakukan sistem kebut semalam sebelum menghadapi ujian di keesokan harinya. Meskipun Anda menjejalkan pikiran dengan berbagai materi hingga detik terakhir, lebih bermanfaat jika pada malam harinya Anda tidur dengan nyenyak daripada belajar hingga fajar. Studi menemukan tidur sebenarnya membantu Anda mengingat informasi lebih baik keesokan harinya. Otak dibombardir dengan rangsangan ketika Anda terbangun, jadi tidur digunakan untuk memproses semuanya. Saat itu juga akan menjadi waktu menghilangkan informasi yang tidak perlu dan lebih mengingat hal-hal penting, seperti materi yang ada di buku pelajaran. Tidur adalah ketika mengkonsolidasikan informasi tersebut ke dalam memori jangka panjang. Dan hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda masih melek.  

6. Gunakan font yang unik 
Sebagian besar akan lebih mengingat tulisan yang lebih menonjol dan mudah dibaca. Namun penelitian menemukan bahwa salah satu cara yang terbaik untuk mengingat sesuatu yang sudah dibaca adalah dengan membacanya dalam font aneh. Ukuran dan ketebalannya tidak membuat perbedaan, meskipun lebih sulit untuk dibaca lebih baik. Saat sesuatu yang asing dan sulit dibaca, Anda akan lebih memaksakan konsentrasi Anda, memungkin Anda untuk lebih mudah mengingatnya. Font yang besar dan tebal mungkin sebenarnya lebih merusak kemampuan Anda untuk mengingat. Karena studi menemukan bahwa ketika diminta untuk menghafal daftar kata, orang-orang memprediksikan mereka akan mengingat kata-kata yang tebal dengan lebih mudah daripada kata yang tidak tebal, namun hasilnya berlawanan.  

7. Mengunyah permen karet 
Jika Anda perlu mengingat sepotong informasi selama sekitar 30 menit, cobalah dengan mengunyah permen karet. Studi telah menemukan bahwa orang akan melakukan tugas visual maupun audio dengan lebih baik jika mereka mengunyah permen karet.  

8. Buatlah catatan 
Buatlah catatan dalam buku catatan dan jangan di telepon genggam atau komputer Anda. Karena jika Anda kehilangan hal tersebut maka Anda akan menyadari bahwa tidak ada hal yang Anda ingat. Tidak masalah jika Anda tidak kembali membaca apa yang sudah ditulis. Studi telah menunjukkan bahwa dengan menulis sesuatu dengan tulisan tangan akan lebih memungkinkan Anda mengingat sesuatu dibandingkan dengan menggunakan keyboard.  

9. Tahu kapan harus menyalakan dan mematikan musik 
Studi menemukan bahwa mendengarkan kebisingan apapun, termasuk musik, di saat sedang belajar adalah sebuah gangguan. Tidak masalah apakah Anda menyukai musik tersebut atau tidak, namun hal ini memiliki efek mengganggu yang sama dengan seseorang yang meneriakan nomor acak pada Anda. Mungkin akan terasa aneh saat pertama kali belajar dalam kesunyian, namun sains mengatakan hal ini akan terbayar dalam jangka waktu panjang.  

10. Visualisasikan 
Salah satu cara yang paling aneh dan paling efektif untuk mengingat sesuatu adalah dengan mengasosiasikannya dengan gambar visual. Hal ini cukup ekstrem, di mana Anda dapat mengingat sejumlah besar potongan informasi hanya dengan membangun sebuah citra visual rinci dalam otak Anda. Katakanlah Anda ingin mengingat bahwa J.K Rowling menulis buku-buku Harry Potter. Rowling terdengar seperti bowling, sehingga Anda akan memvisualisasikan boling. Dari sana Anda bisa menambahkan potongan informasi lain. Akhirnya Anda akan memiliki tempat di kepala Anda penuh dengan informasi yang dapat diakses setiap saat. Kedengarannya gila namun ilmu pengetahuan mengatakan bahwa cara tersebut bisa bekerja.  

11. Gambar yang tidak berarti 
 Jika Anda duduk di ruang kelas atau rapat yang membosankan, jangan takut untuk mulai menggambar hati dan bunga. Mungkin gambar Anda terlihat seperti gambar yang tidak berarti dan mengurangi perhatian, namun pada kenyataannya gambar ini sangat membantu menjaga otak Anda aktif. Dalam penelitian, orang-orang yang diberi tugas mencoret-coret sambil mendengarkan pesan telepon membosankan ternyata bisa mengingat 29 persen lebih dari apa yang ada di rekaman dibanding orang yang hanya duduk diam dan mendengarkan.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ashrini Shabiani TS Annisa - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR