Kamis, 28 November 2013

Apa itu Metabolisme? Keempat Fakta Ini Bisa Menjelaskannya

Banyak yang mengatakan metabolisme itu penting demi menjaga berat badan atau sesuatu yang perlu diperhatikan jika ingin tubuh tetap langsing. Namun mungkin tak banyak yang tahu apa metabolisme itu sebenarnya. Metabolisme sendiri didefinisikan sebagai reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk sel. Tapi selain itu ada empat hal lain yang dapat menjelaskan lebih jauh apa itu metabolisme, seperti dilansir ABC News, Selasa (26/11/2013) berikut ini.  

1. Tak semua orang langsing metabolismenya cepat 
"Terkadang ada orang-orang kurus yang metabolismenya rendah dan tidak makan banyak. Dan ada juga orang-orang gemuk dengan metabolisme yang sangat tinggi dan makan dengan porsi besar," terang Michael Jensen, MD, seorang pakar endokrinologi dari Mayo Clinic.  

2. Jaringan ramping (lean tissue) membakar lebih banyak kalori, bahkan saat tidur 
"Otak, jantung, hati, dan ginjal menggunakan begitu banyak energi, meskipun Anda tengah berbaring. Sedangkan otot dan saluran pencernaan tak banyak digunakan ketika beristirahat sehingga lemak hampir tidak membakar apapun," ungkap Dr. Jensen. Jadi menurut perkiraan Dr. Jensen, setiap orang akan membakar satu kalori per menitnya saat tengah beristirahat. Seperempatnya disumbang oleh otot dan seperlimapuluhnya dibakar oleh lemak.  

3. Orang-orang tak bisa menguruskan badannya hanya dengan memotong kalori 
"Saya tak pernah melihat seseorang dengan tingkat metabolisme yang benar-benar rendah seperti itu. Orang-orang yang mengira mereka hanya makan makanan yang mengandung 800 kalori seringkali justru memiliki 'resting metabolic rates' (tingkat metabolisme ketika beristirahat) mencapai 1.500 kalori," tutur Dr. Jensen. 
Lalu mengapa mereka tak bisa menurunkan berat badannya? Menurut Dr. Jensen, bisa jadi mereka sering mengonsumsi lebih banyak kalori tanpa mereka sadari. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk mencatat segala hal yang mereka konsumsi secara akurat.  

4. Kurangi asupan 500 kalori perhari belum tentu menurunkan berat badan satu pound seminggu 
1 pound atau 500 gram lemak sebenarnya sama besarnya dengan 3.500 kalori dan mungkin jika Anda mengurangi kandungan kalori dalam makanan Anda sebanyak 500 kalori bisa jadi Anda akan kehilangan berat badan sebesar satu pound di minggu pertama. 

"Namun ketika Anda makan sedikit, Anda kehilangan jaringan ramping (lean tissue) sehingga tingkat metabolisme basal (ukuran energi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh saat istirahat) juga menurun," terang Dr. Jensen. Sebaliknya seseorang bisa mengalami penambahan berat badan hingga lebih dari satu pound setelah mengonsumsi 3.500 kalori karena kalori disimpan sebagai gula sehingga Anda dapat menahan air di dalam tubuh.  

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR