Senin, 03 Februari 2014

Ini Tipsnya Agar Tidak Stres Saat Kembali Bekerja Setelah Berlibur

Masa liburan bisa jadi momen paling ditunggu sebagai ajang menyegarkan pikiran dan melepas penat serta stres setelah menyelesaikan banyak pekerjaan. Nah, yang sering menjadi masalah yaitu ketika seseorang harus kembali ke rutinitas bekerja setelah berlibur. Akibat holiday hangover, beberapa orang masih merasa enggan, tak bersemangat, atau bahkan malah stres ketika ia harus kembali bekerja. Nah, psikolog Mary Casey membagi tips agar Anda tak stres saat kembali bekerja setelah liburan, seperti dikutip Sydney Morning Herald, Senin (27/1/2014):  

1. Tetap jaga realitas 
Ingatlah bahwa Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami post-holiday blues karena libur panjang atau long weekend. Teman-teman Anda juga mengalami hal serupa. Maka dari itu, jaga pikiran agar Anda tetap fokus dengan menentukan tujuan dan realistis supaya Anda bisa tetap produktif dan termotivasi.  

2. Saringlah email yang masuk 
Salah satu penyebab stres saat bekerja adalah banyaknya email yang masuk. Oleh karena itu, Casey menyarankan Anda agar memindahkan email-email tersebut ke folder baru setelah sebelumnya dipilih mana email yang berhubungan dengan pekerjaan. Pindahkan email tersebut tanpa membukanya terlebih dulu.  

3. Rencanakan perkerjaan sebelum berlibur 
Ada baiknya sebelum menikmati liburan, Anda sudah merencanakan terlebih dulu apa pekerjaan yang akan dilakukan setelah pulang berlibur. Termasuk menuntaskan pekerjaan yang bisa diselesaikan terlebih dulu agar pikiran lebih tenang dan tidak stres ketika kembali bekerja.  

4. Kembali ke rutinitas 
Meski saat liburan jam tidur Anda bisa beruabah, tapi saat kembali bekerja, Anda harus lakukan rutinitas seperti biasa. Menurut prof David Hillam, ketua Sleep Health Foundation, satu dari tiga orang di Australia berusaha keras untuk bisa mengembalikan rutinitas tidur mereka usia liburan. Apalagi, seperti diketahui bahwa kurang tidur bisa membuat konsentrasi menurun dan suasana hati tidak baik. Rutinitas lain yang harus tetap dilakukan adalah kebiasaan makan sehat. Sebab, selama liburan menu makanan Anda bisa berubah. Kemudian, tetap lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.  

5. Rencanakan liburan berikutnya 
Dengan menyiapkan liburan berikutnya, Anda bisa lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, suasana hati juga lebih baik sehingga Anda terhindar dari stres karena liburan selanjutnya sudah menanti di depan Anda!  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SpONsOR