Minggu, 30 September 2012

Konsumsi Kopi dapat Mencegah 10 Penyakit Ini

Kopi telah diketahui mempunyai manfaat yang baik untuk jantung dan menjaga seseorang tetap waspada karena kandungan kafeinnya. Tetapi kopi juga mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat mencegah beberapa jenis kanker dan penyakit serius lainnya. Dosis kopi yang ideal dikonsumsi adalah sebanyak 2 cangkir per hari agar tidak menyebabkan kecanduan. Untuk mendapatkan manfaat sehat kopi, konsumsilah kopi setiap hari dengan dosis menengah atau moderat. Seperti dilansir thedailymeal, Jumat (28/09/2012) berikut 10 penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi:  
1. Kanker Kulit 
Hal ini bukan berarti dengan minum kopi, Anda tidak perlu menggunakan krim pelindung sinar matahari. Tetapi orang yang minum kopi kurang mungkin untuk mengembangkan karsinoma sel basal, jenis kanker kulit yang paling umum. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Brigham and Women's Hospital, Boston. Para peneliti percaya bahwa hubungan tersebut mungkin karena kafein memiliki sifat menghambat perkembangan kanker pada sel basal kulit. 

2. Kanker Payudara 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Keio University di Tokyo menemukan bahwa kopi menginduksi protein dalam payudara yang dapat mencegah pertumbuhan barisan sel kanker. Wanita pasca-menopause yang minum kopi juga menurunkan risiko kanker payudara non-hormonal yang responsif, berdasarkan studi di Swedia.  

3. Diabetes 
Jenis potein yang disebut sex hormone–binding globulin (SHBG) yang berfungsi untuk mengatur hormon jenis kelamin, ternyata berperan dalam mengendalikan diabetes tipe 2. Konsumsi kopi diketahui dapat meningkatkan kadar SHBG dalam darah, sehingga menurunkan risiko diabetes. 

 4. Alzheimer 
Sebuah studi terbaru terhadap peserta dengan usia 65 sampai 88 tahun menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih sedikit menunjukkan tanda-tanda demensia dan gejala awal Alzheimer daripada orang yang minum kopi lebih banyak. Kafein dalam kopi dinilai dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap kemampuan otak menyimpan memori.
  
5. Kanker Usus 
Sebuah tim peneliti di National Cancer Institute telah mempelajari kebiasaan sekelompok orang Amerika selama 15 tahun dan menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker usus besar. Peneliti belum cukup yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi mungin senyawa antioksidan methylpyridinium dalam kopi efektif dalam memerangi kanker usus. Peneliti dari University of Minnesota juga mencatat bahwa kopi juga kaya akan polifenol dibandingkan jumlah polifenol dalam teh atau anggur merah.
  
6. Kanker Prostat Studi dari Harvard School Public Health menunjukkan bahwa pria yang minum kopi per hari memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat. Hal ini bukan disebabkan karena kafein dalam kopi, tetapi asam fenolat dan aktivitas antioksidanlah yang memotong risiko kanker prostat. Peneliti dari Australia percaya bahwa selain kopi, teh hijau juga memiliki efek yang sama dengan kopi dalam mencegah kanker prostat. 

7. Kanker Endometrium Kanker endometrium adalah jenis kanker rahim yang paling umum dan biasanya mempengaruhi wanita antara usia 60 dan 70 tahun. Penelitian dilakukan terhadap wanita pasca-menopause yang obesitas tentang kebiasaan minum kopinya, orang yang minum dua cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker endometrium. Studi lain dari Harvard Public School of Health menemukan bahwa bahkan satu cangkir kopi per hari secara signifikan mengurangi risiko kanker endometrium. Bisa jadi karena kopi menurunkan kadar insulin dan estrogen. 

8. Kanker Hati 
Salah satu studi University of Minnesota menemukan bahwa asupan kopi mengurangi risiko karsinoma hepatoseluler, jenis kanker hati yang paling umum. Beberapa penelitian lain juga meyatakan bahwa konsumsi kopi telah dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker hati.  

9. Kanker Mulut 
Kanker mulut dapat mempengaruhi gusi, lapisan pipi, dan langit-langit mulut. Kopi berkafein menunjukkan pengurangan risiko kanker pada rongga mulut dan faring, menurut penelitian di Inggris. 
10. Depresi 
Kopi dapat menghindarkan diri Anda dari perasaan tertekan. Sebagaimana laporan dari suatu studi yang diikuti oleh 50.000 wanita antara usia 35 dan 50 tahun, orang yang mengonsumsi kopi terhindar dari risiko depresi hingga 15 persen. Hal ini mungkin disebabkan karena kafein dalam kopi yang membuat seseorang lebih aktif dan waspada. 

Salam Sukses & Selalu ActiON ! 

Sumber Linda Mayasari - detikHealth

9 komentar:

zul mengatakan...


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

yuli mengatakan...


Makin mantab aja ni sob informasinya

zul mengatakan...



Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

yuli mengatakan...


Salam kenal dan sukses slalu

obat herbal liver empedu mengatakan...

ohayou gozaimasu

obat herbal alzheimer mengatakan...

salam kenal ajach ya

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

makasih ya atas informasinya

obat herbal epilepsi mengatakan...

good luck ya

cara pemesanan jelly gamat luxor mengatakan...

arigatou gozaimasu

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR