Jumat, 24 Januari 2014

Perut Sering Kembung? Jangan Panik, Yuk Cegah dengan 6 Tips Berikut

Rasa mual dan terasa seperti berisi gas pada perut atau yang sering disebut kembung memang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Namun tak perlu langsung panik, perut kembung juga bisa dicegah lho. 

Robynne Chutkan, spesialis digestif dari Digestive Centre for Women di Washington DC, menyatakan pada dasarnya perlu diketahui bahwa wanita lebih rentan mengalami perut kembung karena mereka memiliki usus yang lebih panjang. Untuk mencegah munculnya perut kembung, ini yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (24/1/2014): 

1. Kurangi asupan garam 
Terlalu banyak garam dalam menu makan kontribusi menimbulkan edema dan kembung. Nah, jumlah garam yang direkomendasikan setiap hari adalah 1.500 mg per hari. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari meletakkan garam di atas meja makan dan batasi jumlahnya saat sedang memasak. Saat sedang berada di luar rumah, hindari sebisa mungkin konsumsi makanan siap saji karena sarat dengan garam.
2. Makan lebih banyak serat 
Kombinasi serat larut dan tidak larut adalah cara yang efektif untuk tetap fit dan terhindar dari perut kembung. Termasuk di antaranya jeruk, jamur, raspberry, brokoli dan kubis.
3. Perbanyak makanan kaya kalium 
Jika sodium membuat tubuh 'menyimpan' air, maka kalium membantu menyingkirkan kelebihan air. Oleh karenanya mengonsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang dan ubi jalar dapat membantu mengatasi masalah di perut. Meskipun begitu, tetap batasi jumlahnya agar tak menimbulkan masalah berat badan.
4. Jaga status dehidrasi 
Minum air putih yang cukup akan memastikan bahwa serat dapat melakukan tugasnya untuk meringankan melancarkan proses pencernaan. Sebaliknya, tak cukup minum air putih akan memperburuk kadar sodium dan potasium dalam tubuh.
5. Hindari 'stres' sistem pencernaan 
Jauhi makanan yang sulit dicerna seperti gula atau makanan berlemak. Sebaiknya Anda lebih banyak fokus pada makanan 'sederhana' seperti sayuran yang dikukus, untuk memudahkan kerja sistem pencernaan.
6. Kurangi pemakaian pemanis buatan 
Ditemukan dalam minuman manis dan makanan bebas gula, pemanis buatan tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Bakteri dalam usus besar cenderung memfermentasi mereka, menimbulkan gas dan kembung. Oleh sebab itu, selalu periksa label makanan untuk menghindari sorbitol, mannitol, xylitol dan lacitol.  


Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

2 komentar:

Obat Herbal mengatakan...

artikelnya sangat informatif. trims..

manfaat xamthone mengatakan...

iya nih kak aku juga perut sering kembung apalgi kalo telat makan, kenapa yah?? :(

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR