Sabtu, 08 Februari 2014

Yuk, Cegah Kanker dengan 10 Olahraga Ini

Salah satu penyakit superior yang sulit ditaklukkan dan menjadi momok semua orang adalah kanker. Dibanding harus menyembuhkan penyakit yang bandel itu, para ahli menganjurkan untuk mencegahnya melalui olahraga. Olahraga tak hanya membuat tubuh sehat dan aktif, tetapi sekaligus menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit ganas. 

Dan kabar baiknya, kanker adalah salah satu penyakit yang bisa dicegah melalui konsumsi makanan sehat dan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga. Penyakit kanker dianggap sebagai salah satu penyakit paling jahat karena ia menyebabkan terlalu banyak rasa sakit bagi penderitanya, baik fisik maupun mental. Kanker juga menjadi penyebab utama dari banyak kematian dan jumlahnya terus meningkat. Olahraga apa saja yang ampuh cegah kanker? Berikut ini beberapa jenis olahraga yang tak hanya mencegah penyakit berbahaya, tetapi juga membuat tubuh berstamina tinggi sekaligus menyehatkan tubuh dan pikiran. Sebagaimana dikutip dari Boldsky, Sabtu (8/2/2014), olahraga-olahraga tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin agar memberikan manfaat maksimal.

1. Berjalan 
Salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker adalah dengan berjalan kaki. Saat berjalan, stres akan tersingkir dari jantung dan pikiran. Berjalan dapat mencegah berbagai penyakit selain kanker, seperti gangguan jantung, obesitas, dan diabetes. Disarankan untuk berjalan kaki minimal 30 menit per hari.
2. Jogging 
Jogging atau berlari selama 45 menit adalah salah satu cara ampuh untuk menyingkirkan kanker jauh-jauh. Saat berlari, jantung akan berdetak lebih cepat dan tubuh mengeluarkan keringat. Sebagai efeknya, racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat.
3. Berenang 
Berenang adalah olahraga kaya manfaat yang bisa dilalukan oleh semua kalangan usia. Berenanglah secara rutin selama satu atau dua jam, dan rasakan kesehatan yang kian membaik. Berenang dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, mengikis lapisan kolesterol, serta menyingkirkan racun lain dalam pembuluh darah sehingga kanker tersingkir jauh. 
 
4. Bersepeda 
Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama teman atau keluarga. Ketika bersepeda di kesunyian pagi, Anda akan mendapat udara segar yang menyehatkan paru-paru. Dengan demikian, kanker paru-paru dapat disingkirkan.
5. Taichi 
Taichi adalah seni bela diri Cina yang dapat meningkatkan kesehatan melalui latihan gerakan lambat dan teknik pernapasan. Taichi merupakan bentuk olahraga yang baik untuk mencegah kanker. Tak hanya terpaku pada Taichi, seni beladiri lain yang menggunakan teknik pernafasan dan gerak tubuh juga bagus untuk pencegahan kanker.
6. Mendaki 
Selain menyegarkan pikiran, mendaki juga dapat mencegah kanker. Dengan mendaki, stres dapat disingkirkan jauh-jauh. Demikian pula dengan penyakit mematikan yang selalu mengintai. Mendaki membuat kondisi tubuh selalu prima sehingga penyakit-penyakit seperti kanker enggan menyerang.
7. Bermain sepatu roda 
Meluncur dengan rollerblade atau sepatu roda merupakan olahraga jantung yang menggerakkan seluruh otot tubuh. Sepatu roda tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, orang dewasa pun bisa melakukannya agar tetap sehat. Agar kanker pergi jauh, Anda tak perlu malu untuk meluncur dengan sepatu roda.

8. Menari 
Menari tak hanya sekadar hobi, rupanya menari termasuk salah satu olahraga yang menyehatkan. Salah satu cara paling asyik untuk mencegah kanker adalah dengan menari sembari mendengarkan lagu favorit. Lakukan selama 30 menit setiap hari, maka tubuh akan lebih sehat sekaligus indah.
9. Yoga 
Olahraga yang dikenal sebagai pengobatan alternatif ini memberikan manfaat untuk pikiran, jiwa, dan tubuh. Saat melakukan yoga, seluruh energi beracun yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan. Jadi, lakukanlah yoga setiap hari agar tubuh lebih sehat dan usia lebih panjang.
10. Tenis 
Tenis adalah salah satu olahraga terbaik untuk menjauhkan tubuh dari kanker. Mengapa? Karena tenis membuat Anda berlarian ke sana ke mari mengejar bola sehingga banyak kalori akan terbakar. Tidak hanya itu, pada saat yang sama, racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Banyak olahraga yang bisa mencegah kanker. Pada dasarnya semua aktifitas fisik yang membuat tubuh aktif dapat menyingkirkan kanker jauh-jauh. Tentu saja harus dibarengi dengan gaya hidup dan pola makan yang baik.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Muamaroh Husnantiya - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR