Selasa, 01 Oktober 2013

Tak Bisa Juga Pejamkan Mata di Malam Hari? Coba 11 Trik Alami Ini


Minum susu, menghangatkan suhu ruangan, atau mandi air hangat disepakati bisa membuat tubuh santai dan lebih mudah untuk terlelap. Tapi, masih ada saja yang belum bisa memejamkan mata meski sudah melakukan 'ritual' itu. Jika tak bisa juga terlelap, daripada harus mengonsumsi obat tidur, lebih baik coba lakukan trik alami dari para ahli berikut ini agar Anda bisa tidur lebih mudah, dikutip dari Mirror, Selasa (1/10/2013):  

1. Tarik napas lewat lubang hidung sebelah kiri 
Metode yoga ini dianggap bisa mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Menurut terapis tidur, Peter Smith, berbaringlah di sisi kiri Anda, gunakan jari untuk menutup lubang hidung sebelah kanan, dan secara perlahan mulailah bernapas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri. "Teknik ini sangat baik ketika Anda merasa terlalu panas atau sering berkeringat di malam hari, terutama saat menopause," kata penulis buku 'Sleep Better With Natural Therapies' ini.  

2. Tekan dan rileks 
Regangkan semua otot sebelum Anda tidur. Ahli kecemasan Charles Linden mengatakan coba berbaring telentang lalu ambil napas panjang dengan lambat melalui hidung. Pada saat yang sama, remas jari-jari kaki dengan erat seolah Anda sedang mencengekram sesuatu di bawah kaki, kemudian lepaskan. "Ulangi ambil napas dengan lambat, gulung kaki ke arah lutut kemudian lepaskan. Bernapas lagi, kontraksikan otot betis, paha, bokong, perut, dada, lengan, dan seterusnya sampai semua bagian tubuh Anda sudah mendapatkan peregangan," imbuh penulis 'Stress Free in 30 Days' ini.  

3. Coba untuk tetap terjaga 
Tantang diri Anda untuk tetap terjaga meskipun pikiran Anda akan memberontak. Tapi ini yang disebut paradoks tidur. "Usahakan mata Anda terbuka lebar, katakan berulang-ulang 'saya tidak akan tidur'. Otak tidak memproses hal-hal negatif dengan baik sehingga menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur dan otot mata akan lebih cepat lelah, lalu mulai terlelap," jelas psikoterapis Julie Hirst.  

4. Ulangi hari Anda 
Mengingat detail dalam urutan terbalik bisa membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Sammy Margo, penulis The Good Sleep Guide mengatakan ingatlah percakapan, pemandangan, dan suara saat Anda pergi. Ini akan membantu Anda untuk mencapai kondisi siap tidur secara mental.  

5. Putar bola mata 
Sammy mengatakan bahwa menutup mata dan memutar bola mata sampai tiga kali bisa berguna. "Ini mensimulasikan apa yang Anda lakukan secara alami ketika tertidur dan bisa membantu memicu pelepasan hormon mengantuk, melatonin," kata Sammy.  

6. Bayangkan sesuatu 
Meditasi visualisasi bekerja paling baik jika Anda menggunakan setidaknya tiga indera. Sammy mengatakan coba bayangkan diri Anda dalam situasi di mana Anda merasakan sebuah konten seperti taman yang indah, berlayar di perairan yang tenang, atau berjalan di taman bunga. "Ketika Anda menjelajahi tempat menyenangkan dan membayangkan bunga berbau, merasa tekstur rumput atau pasir di bawah kaki serta mendengar debur ombak, itu akan membuat tubuh merasa santai dan terlena,' papar Sammy.  

7. Bersenandung untuk diri sendiri 
Meditasi yoga ini menyebarkan ketenangan. Menurut Dr Chris Idzikowski, direktur Edinburgh Sleep Centre dan penulis Sound Asleep, The Expert Guide To Sleeping Well, duduklah dalam posisi yang nyaman, tutup mata, jatuhkan bahu, rilekskan rahang dan jaga agar mulut tetap tertutup. Tarik napas melalui hidung sedalam dan senyaman mungkin, pastikan perut Anda yang bergerak, bukan dada. "Lalu, bernapaslah melalui mulut dengan lembut. Coba bersenandung sampai seleuruh napas keluar. Perhatikan bagaimana dada Anda bergetar. Fokus sepenuhnya pada getaran ini. Setelah lebih dari enam kali, duduk diam sejenak dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda siap untuk tidur. Bangun perlahan dan pergilah tidur,' kata Dr Chris.  

8. Tekan di titik ini 
Ada titik-titik di tubuh yang bisa mempromosikan tidur bila ditekan dengan lembut tapi tegas. Dr Chris menyarankan, letakkan ibu jari di titik antara alis di bagian atas hidung yang ada sedikit lekukan. Tahan selama 20 detik, lepaskan sebentar dan ulangi dia kali. "Lalu, duduk di tepi tempat tidur dan tempatkan kaki kanan Anda di lutut kiri, Cari sedikit lekukan antara jempol kaki Anda dengan jari kedua, lalu tekan dengan cara yang sama. Kemudian, temukan titik tepat di bawah kuku pada bagian atas kedua kaki. Gunakan ibu jari dan telunjuk tangan untuk menekan jari kaki tersebut,' jelas Dr Chris.  

9. Cari pemicu 
Lakukan sesuatu yang tidak biasa misalnya membelai pipi Anda sendiri karena menurut hipnoterapis Sharon Stiles, fokuskan semua perhatian Anda pada gerakan yang terasa di tubuh. Sepanjang malam, tubuh akan belajar mengasosiasikan dengan tidur dan mengulanginya agar tubuh yakin untuk merasakan kantuk.  

10. Ambil napas 
Bernapas secara alami dan lambat seiring perasaan mengantuk Anda. Menurut The NightWave Sleep Assistant, memproyeksikan cahaya biru lembut yang perlahan naik dan turun di langit-langit dan menyinkronkannya dengan napas Anda bisa membuat Anda merasa ngantuk.  

11. Buat daftar 
Menurut Sharon Stiles, insomnia sering disebabkan karena Anda khawatir terhadap apa yang harus dilakukan besok. Maka, tulislah apa yang harus Anda kerjakan di kertas dan simpan di tempat yang mudah terlihat. Itu akan menenangkan Anda dan membuat lebih mudah terlelap.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR