Rabu, 03 Juli 2013

Ini Asupan yang Harus Dihindari Saat Hamil 2 Bulan

Hamil adalah salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup seorang perempuan. Tak heran kehamilan akan dijaga baik-baik agar nantinya lahir bayi yang sehat dan menggemaskan. Nah Bunda, saat hamil jangan makan sembarang makanan ya. 

Jika kehamilan sedang memasuki bulan kedua, mungkin perempuan hamil pertama kali sedang sangat menikmati posisinya yang sebentar lagi akan dipanggil ibu oleh anaknya. Biasanya di kehamilan bulan kedua, seorang perempuan akan mengidam makanan. Tapi jangan karena atas nama mengidam, maka seorang ibu hamil bebas makan makanan yang dikehendakinya. Ada makanan yang harus dihindari selama kehamilan di bulan kedua. 

Untuk diketahui, selama masa kehamilan, sel-sel dalam ovarium akan terus memproduksi progesteron, yakni suatu hormon yang penting untuk menjaga kehamilan yang sehat. Jumlah darah yang beredar dalam tubuh akan meningkat sehingga calon ibu akan merasa lebih hangat dari hari-hari biasanya. Di bulan ini juga ibu akan merasa pergerakan lembut di dalam rahimnya. Mengingat tidak semua makanan aman untuk ibu, jangan konsumsi asupan-asupan berikut ini, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (2/7/2013):  

1. Daging Olahan 
Hati-hati makan daging olahan atau makanan tertentu yang mana terdapat daging olahan di dalamnya seperti hotdog. Bisa jadi daging olahan itu mengandung bakteri Listeria yang bisa berakibat fatal pada janin atau bayi yang baru lahir. Pastikan makanan Anda terjaga benar kebersihannya.  

2. Keju Lunak 
Camembert, Roquefort, dan Brie adalah beberapa macam keju lunak. Karena terbuat dari susu mentah, bisa jadi keju ini mengandung bakteri E coli yang tidak baik bagi kehamilan usia 2 bulan.  

3. Hati 
Hati-hati saat mengonsumsi hati di usia kehamilan 2 bulan. Sebab hati mengandung vitamin A dalam bentuk retinol yang dapat menyebabkan keguguran.  

4. Susu yang Tidak Dipasteurisasi 
Ibu hamil, terutama dengan usia kehamilan 2 bulan, sebaiknya tidak mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Sebab susu yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan. Bakteri jahat seperti Salmonella mungkin saja bersemayam dalam susu yang tidak dipasteurisasi.  

5. Alkohol 
Bukan hanya saat kehamilan memasuki usia dua bulan, sejak Anda tahu kalau sedang hamil, maka sebaiknya menghindari alkohol. Sebab alkohol bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Karena itu hindarilah berbagai macam minuman yang mengandung alkohol.  

6. Telur Mentah 
Makanan yang juga perlu dihindari perempuan hamil adalah telur mentah maupun telur yang dimasak setengah matang. Sebab telur yang tidak dimasak bisa jadi mengandung Salmonella, bakteri yang bisa membahayakan ibu dan bayi.  

7. Daging Beku 
 Saat hamil, hindarilah makan daging beku. Pastikan daging yang Anda makan direbus atau dimasak dalam suhu tinggi sehingga tidak terdapat bakteri jahat yang membahayakan tubuh.

8. Adonan Kue 
Banyak orang yang punya kebiasaan mencicipi adonan kue saat sedang memasak kue. Tapi ingat, saat kehamilan Anda memasuki usia dua bulan, hindari kebiasaan ini. Sebab adonan kue bisa jadi mengandung bakteri Salmonella yang datang dari telur mentah dalam adonan.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Nurvita Indarini - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR