Jumat, 04 Oktober 2013

10 Barang Pinjaman yang Bisa Menularkan Kuman

Berbagi dengan sesama adalah hal yang mulia, selain mempererat hubungan juga bisa membantu orang lain yang memerlukan. Namun untuk beberapa hal, saling meminjamkan barang pribadi sebaiknya dihindari karena bisa menularkan kuman. Kebanyakan orang tentu tidak akan membiarkan sikat giginya dipakai orang lain, begitu pula orang lain tidak akan tertarik memakai sikat gigi yang bukan miliknya sendiri. Hal yang sama juga berlaku untuk benda-benda pribadi yang lainnya. Beberapa benda yang bila saling dipinjamkan bisa menularkan kuman adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (3/10/2013): 

1. Topi, Helm, Sisir 
Benda-benda yang dipakai di kepala ini tidak hanya menularkan kutu rambut, tetapi juga kuman lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh Center of Disease Control and Prevention di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kuman-kuman banyak menempel di benda tesebut karena rambut kerap bersentuhan dengan bantal, sandaran kursi dan benda lain yang terlibat kontak dengan banyak orang.
2. Anting-anting 
Saat memasang anting, tidak jarang terjadi luka kecil meski tidak selalu sampai berdarah. Sobekan kecil pada permukaan kulit, terutama di lubang anting di telinga yang mungkin tidak bersih, bisa menjadi tempat penularan kuman. Risiko penularan kuman bisa lebih besar jika luka tersebut sampai berdarah karena banyak virus yang bisa hidup di darah.
3. Earphone 
Sebuah penelitian tahun 2008 membuktikan bahwa penggunaan earphone bisa meningkatkan jumlah kuman di telinga. Kuman yang sebagian besar berupa bakteri tersebut bisa menempel di earphone lalu menular saat dipinjamkan. Risikonya adalah infeksi telinga.
4. Alat Cukur 
Salah satu cara penularan virus hepatitis C adalah melalui pisau cukur. Saat terjadi luka dan berdarah, virus bisa menempel di pisau cukur lalu menular saat dipinjamkan ke orang lain. Kadang tanpa harus ada darah yang kelihatan, penularan hepatitis C maupun kuman lainnya bisa terjadi meski kemungkinannya lebih sedikit.
5. Make-up 
Dalam kenyataannya, penularan kuman jarang terjadi melalui kosmetika baik dalam bentuk lipstick maupun maskara. Bahan pengawet yang ada dalam kosmetik tersebut umumnya bisa membunuh kuman yang menempel. Meski begitu, sebaiknya hindari saling meminjamkan perlengkapan make up tersebut dengan rekan yang secara kasat mata tampak sedang mengalami infeksi. Misalnya matanya berlendir atau batuk-batuk karena infeksi saluran napas. 

6. Sabun Batangan 
Meski sabun cair sudah semakin populer, banyak orang masih menggunakan sabun batangan. Meski sifatnya bisa membunuh kuman, Center of Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat merekomendasikan untuk tidak saling meminjamkan sabun batangan. Seperti dilaporkan majalah Outside, penelitian tahun 2006 mengungkap bahwa sabun batangan merupakan salah satu penyebab reinfeksi berulang di klinik gigi. Diyakini, penyebabnya adalah sabun tersebut tidak benar-benar kering sebelum dipakai orang lain, terutama bagian bawah yang menempel di wadahnya. Kondisi lembab membuat kuman bisa terakumulasi meski seharusnya sabun bisa membunuh kuman tertentu. 

7. Roll on Antikeringat 
Keringat yang berbau tidak sedap merupakan hasil dari penguraian senyawa tertentu oleh bakteri. Bakteri tersebut bisa menyebar saat roll on anti keringat digunakan secara bergantian. Meski beberapa roll on dilengkapi antibakteri, kemampuan membunuh bakterinya berbeda dan mungkin juga jenis bakteri pada satu orang dengan yang lain berbeda-beda.
8. Pemotong Kuku Di salong kecantikan, gunting kuku dan peralatan manicure-pedicure tidak digunakan secara bergantian tanpa disterilkan. Dengan teman sendiri, sebaiknya hal itu juga diterapkan. Saat menggunting kuku terlalu pendek, tak jarang kulit mengalami luka, baik hingga berdarah maupun luka kecil yang cukup untuk menularkan kuman. Berbagai jenis kuman seperti virus hepatitis C, staphylococus, dab kutil bisa menular melalui peralatan-peralatan pribadi seperti gunting kuku. 

9. Gelas atau Botol Minuman 
Pertukaran air liur melalui gelas maupun botol minum yang dipakai bergantian bisa menularkan kuman. Secara teori, kuman-kuman penyebab batuk dan infeksi saluran napas bisa saja menular dengan cara tersebut. Tentu saja kemungkinannya tidak sebesar saat bersin lalu hidung dan mulutnya tidak ditutup.
10. Sikat Gigi 
CDC menegaskan bahwa sikat gigi bukan barang untuk dipakai secara bergantian. Selain menularkan kuman-kuman yang ada di air liur, sikat gigi juga bisa menularkan virus yang ada di darah jika saat menyikat terlalu keras hingga menimbulkan luka. di gusi maupun dinding rongga mulut.  


Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR