Minggu, 16 Oktober 2011

Inilah 10 Gejala Umum Kanker


WALAUPUN setiap jenis kanker memiliki karakteristik dan gejala sendiri yang spesifik, ada beberapa gejala umum kanker yang sebagian besar muncul pada semua jenis kanker.

Beberapa jenis kanker memang tidak memiliki gejala khusus sampai tahap terakhir sehingga skrining rutin dan penilaian risiko merupakan suatu keharusan. Berikut 10 gejala kanker yang sebaiknya tidak Anda abaikan supaya bisa melakukan deteksi sedini mungkin.

a. Penurunan berat badan yang tidak beralasan
Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas dapat menjadi salah satu tanda-tanda utama Anda mungkin menderita kanker. Kondisi ini paling sering terjadi pada kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.

b. Demam
Demam mungkin berhubungan dengan beberapa jenis kanker. Hampir semua pasien kanker akan mengalami demam, terutama jika pengobatan kanker memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

c. Nyeri

Rasa nyeri biasanya terjadi terlambat. Kanker stadium dini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Nyeri paling sering terjadi karena kanker yang telah menyebar. Kondisi ini biasanya dirasakan pada kanker tulang atau testis.

d. Perubahan kulit
Adanya perubahan warna kulit atau warna tahi lalat yang sudah ada atau munculnya lesi baru. Kanker kulit dapat berkembang di beberapa bagian tubuh, terutama pada orang yang sering mengunyah tembakau, merokok, minum alkohol, atau luka pada kulit yang tak kunjung sembuh.

e. Perubahan pola BAB
Perubahan kebiasaan buang air besar atau fungsi kandung kemih seperti sembelit, diare, perdarahan dalam urine.

f. Bintik putih di lidah

Kondisi ini juga dikenal sebagai lenkoplakia yang dapat berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan prakanker yang disebabkan iritasi. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker mulut.

g. Perdarahan tidak biasa
Itu bisa terjadi pada kanker tahap dini atau lanjut. Darah dalam dahak (lendir) mungkin merupakan tanda dari kanker paru-paru. Darah pada tinja bisa menjadi tanda kanker kolon atau kanker rektum. Kanker leher rahim atau endometrium (lapisan rahim) dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal. Darah dalam urine mungkin gejala kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Darah dari puting mungkin tanda kanker payudara.

h. Benjolan di payudara atau bagian tubuh lain
Gejala ini dapat disebabkan oleh alasan lain, selain kanker. Dokter adalah orang terbaik untuk mengidentifikasinya. Daripada menunggu untuk gejala semakin parah lebih baik Anda menjalani pemeriksaan kesehatan berkala.

i. Gangguan pencernaan atau sulit menelan
Kondisi ini biasanya berhubungan dengan kanker perut atau kerongkongan. Segera memeriksakan dan mengobatinya merupakan cara terbaik guna mencegah perkembangan lebih lanjut.

j. Batuk

Ini dapat menjadi salah satu gejala utama kanker tenggorokan. Jika batuk belum kunjung sembuh untuk waktu yang lama, mungkin merupakan gejala kanker paru-paru atau pita suara.

sumber: mediaindonesia.com / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR