Minggu, 16 Maret 2014

7 Kebiasaan Sederhana yang Terbukti Perkuat Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia, semakin banyak hal yang tanpa sengaja sering dilupakan. Entah itu tempat menyimpan kunci kendaraan, janji berkunjung ke rumah teman, pekerjaan kantor, atau tempat menyimpan gunting kuku. Tidak ingin dicap mengalami penuaan dini? Tenang, ada beberapa cara yang terbuksi bisa menajamkan daya ingat. Seperti dilansir Huffington Post dan ditulis pada Sabtu (15/3/2014), inilah beberapa cara untuk menjaga agar ingatan tetap setajam silet.  

1. Berolahraga 
Penelitian telah membuktikan bahwa lansia yang rutin berolahraga memiliki pikiran yang lebih tajam. Studi yang diselenggarakan oleh Universitas Texas itu menemukan bahwa lansia yang berolahraga mengalami perkembangan ingatan dan pengetahuan, paling tidak enam bulan setelah mulai berolahraga. Padahal mereka hanya berolahraga tiga hari dalam satu minggu, masing-masing selama satu jam.  

2. Menjauhkan diri dari alkohol 
Alkohol mungkin terasa nikmat bagi beberapa orang. Padahal, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa pria paruh baya yang minum lebih dari dua setengah gelas alkohol per hari akan didera kepikunan dan masalah kognitif, enam tahun lebih cepat dibanding pria yang sedikit minum alkohol.  

3. Memperbanyak tidur singkat 
Tidur sebentar setelah berjam-jam merasa penat dengan pekerjaan dapat mengurangi stres, membuat tubuh lebih terjaga, dan memperbaiki suasana hati. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan bahwa siswa yang diberi pelatihan lantas tidur sebentar memiliki ingatan yang lebih baik. Selain itu, tidur juga membantu otak memproses dan menggabungkan ingatan.  

4. Keluar dari zona nyaman 
Semakin lanjut usia, orang akan semakin mudah terjatuh dalam zona nyaman. Misalnya saja mengambil rute pulang yang sama setiap hari atau memesan menu yang sama selama lima kali dalam satu minggu. Padahal, hal-hal baru membantu otak mengingat dan menyimpan informasi dengan lebih baik.  

5. Melahap lebih banyak sayuran 
Selain menjaga agar jantung tetap prima, nutrisi dalam makanan juga memengaruhi ketajaman memori. Ilmuwan dari Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang banyak makan sayur-mayur, terutama sayur berdaun hijau, lebih kecil kemungkinannya mengalami gangguan ingatan terkait usia. Sayur yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan antara lain kangkung, bayam, daun bawang, dan brokoli. 

 6. Menenangkan pikiran 
Selain mengatasi gangguan kecemasan kronis, ketergantungan, dan depresi, menenangkan pikiran melalui meditasi juga dapat memperbaiki daya ingat. Sebuah studi menemukan bahwa wisudawan Universitas California mengalami peningkatan daya ingat dan dapat lebih mudah fokus setelah rutin bermeditasi empat kali dalam satu minggu selama 45 menit.  

7. Memilih minuman yang tepat 
Kafein tak hanya membuat Anda bersemangat ketika bagun pagi, tetapi juga dipercaya dapat merangsang memori. Para peneliti di Universitas Hopkins menyakini, kafein dapat membantu otak mengingat dan menyimpan informasi. Partisipan penelitian yang diberi 200 miligram kafein, atau sama seperti 1-2 cangkir kopi seduh, memiliki performa yang lebih baik dibanding mereka yang mendapat pil plasebo. Anda bisa memiliki teh atau kopi, tetapi jangan sampai berlebih.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Muamaroh Husnantiya - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR