Sabtu, 13 April 2013

Tak Hanya Bikin Pintar, Makan Ikan Sejak Kecil Bisa Hindarkan Alergi

Jangan ragu untuk memberikan ikan dalam menu makan anak. Sebab hasil studi terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan aktivitas otak, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan sistem imun. 

Dikutip dari medicaldaily.com (Jumat 12/4/2013), tim peneliti dari Swedia menyatakan bahwa memberi ikan dalam menu makan anak hingga usia 12 tahun dapat membantu mencegah timbulnya penyakit alergi. 

Para ahli dari Institute of Environmental Medicine dan The Department of Clinical Science and Education di Stockholm, Swedia menganalisa data dari 3.825 anak yang terdaftar dalam studi kohort Swedia. 

Orang tua dari anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini disurvei saat anak mereka berusia 1, 2, 4, 8, dan 12 untuk menilai timbulnya gejala alergi, faktor gaya hidup, dan paparan lingkungan. Kuesioner yang diberikan pada orang tua dengan anak usia 1 tahun mencatat seberapa banyak ikan yang dikonsumsi dalam menu hariannya. Kemudian saat anak berusia 8 tahun, mereka diberikan tes Immunoglobulin E (IgE) untuk mengetahui apakah ada gejala alergi. 


Hasil survei menunjukkan 80 persen anak usia 1 tahun rutin mengonsumsi ikan atau lebih dari 2 kali/bulan. Memberi ikan dalam menu diet anak saat berusia antara 1 hingga 12 tahun dapat mengurangi risiko alergi hingga 74 persen. 

Dalam The American Journal of Clinical Nutrition, tim peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi ikan secara rutin pada masa bayi dapat mengurangi risiko penyakit alergi hingga anak berusia 12 tahun. Walaupun para peneliti yakin dengan kesimpulan ini, mereka masih belum menemukan faktor penyebabnya. 

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan diungkapkan oleh ahli medis pada penelitian sebelumnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi jantung, diduga inilah penyebabnya. 

Orang tua juga harus selalu mempertimbangkan bahayanya mengonsumsi merkuri dalam kadar tinggi. Untuk itu, The American Pregnancy Association memberikan daftar ikan yang ditengarai mengadung kadar merkuri tinggi seperti hiu, marlin, swordfish, makarel, dan tuna Ahi.  

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON !!! 
Sumber Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR