Kamis, 17 November 2011

Posisi Tidur yang Bisa Memperbaiki Postur Tubuh


Jakarta, Posisi tidur bisa mempengaruhi bentuk tubuh. Jika posisi tidur tidak tepat maka bisa memperburuk postur tubuh. Tapi ada posisi tidur tertentu yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

Tidur atau berbaring dalam posisi yang melemahkan otot dan ligamen, bisa meregangkan punggung bawah yang membuat postur tubuh buruk sehingga memperparah masalah punggung dan nyeri.

Secara alami lengkungan

daerah lumbar (bagian kecil di atas panggul atau tulang pinggul) atau disebut dengan lumbar lordosis membantu memberikan kekuatan pada kolom vertebralis.

Posisi tidur yang mendukung kelengkungan ini dan kepala yang sejajar dengan tulang belakang serta tulang panggul bisa memperkuat kembali otot-otot dan ligamen untuk memperbaiki postur tubuh.

Berikut ini adalah posisi tidur yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (16/11/2011) yaitu:

1. Posisi kepala
Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan stres pada tulang belakang serta otot punggung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu, lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang.

Menggunakan bantal yang terlalu tebal atau lembut bisa menyebabkan sakit leher dan punggung serta membuat postur tubuh yang buruk.

2. Posisi lutut dan punggung
Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf 'C' bisa meregangkan ligamen tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri.

Untuk itu kurangi lengkungan dengan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping bisa membantu memperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk.

Hindari posisi lutut yang mendekati dada dengan menempatkan bantal atau guling diantara lutut untuk menyelaraskan panggul, tulang belakang dan kepala.

3. Memberi dukungan untuk lekukan tubuh
Kasur yang terlalu lembut membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan posisi tubuh yang benar saat tidur. Jika kasur yang dimiliki tidak cukup kuat maka gunakan papan yang khusus untuk memberi dukungan lebih pada punggung.

Tapi jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak mendukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal namun tetap memberikan dukungan yang baik untuk tubuh.

Sumber Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR