Sabtu, 18 Februari 2012

Inilah 10 Kenikmatan yang Membuat Anda Lebih Sehat

Dalam menjalani hidup sehat, seseorang tidak harus selalu menghindari hal-hal menyenangkan dan penuh kenikmatan. Ada beberapa hal menyenangkan dalam hidup ini yang memiliki manfaat bagi kesehatan, namun tetap menawarkan kenikmatan.

Beberapa kenikmatan hidup yang memiliki manfaat bagi kesehatan seperti dikutip dari CNN, adalah sebagai berikut.

Tidur
Selama tidak berlebihan, tidur hampir tidak memiliki dampak merugikan bagi tubuh. Bahkan tidur yang cukup bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi, intoleransi glukosa serta penumpukan lemak di perut yang merupakan faktor risiko serangan jantung.

Berlibur

Liburan adalah waktu yang tepat untuk melepas stres, sekaligus menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Liburan pendek yang dilakukan secara berkala memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan satu kali liburan dalam waktu lama sekaligus.

Berhubungan seks

Bagi yang sudah mempunyai pasangan resmi, hubungan seks secara rutin sangat ampuh merangsang hormon endorfin dan oksitosin yang bisa meredakan stres. Bukan itu saja, hubungan seks secara teratur juga merangsang aktivitas komponen daya tahan tubuh yang disebut Imunoglobulin-A (Ig-A).

Makan cokelat

Dibanding cokelat biasa, cokelat hitam lebih ampuh menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Cukup 40 gram tiap hari selama 2 pekan, cokelat hitam juga sudah bisa menurunkan hormon stres pada penderita depresi.

Hang out
Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan, berkumpul dan bergaul dengan sahabat atau rekan-rekan? Kebiasaan nongkrong bersama tidak hanya bagus untuk kesehatan mental, tetapi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan otak serta menjanjikan peluang umur panjang.

Makan makanan berlemak

Tentu saja bukan sembarang lemak, melainkan golongan lemak tak jenuh tunggal atau mono unsaturated seperti yang terkandung dalam minyak ikan, advocado dan biji-bijian. Lemak-lemak baik ini bisa menurunkan tekanan darah, meredakan depresi dan mencegah rheumatoid arthritis.

Minum kopi tiap pagi

Berbagai penelitian menunjukkan, kebiasaan minum secangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko salah satu jenis kepikunan yakni Alzheimer. Bukan itu saja, bahkan kopi yang tidak mengandung kafein juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi risiko diabetes tipe-2 hingga 7 persen.

Mengunjungi panti pijat

Asal tidak ditambahi layanan yang aneh-aneh, panti pijat sebenarnya menawarkan banyak manfaat kesehatan. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, pijat secara rutin minimal 2 kali seminggu bisa meredakan keluhan nyeri maupun perasaan gelisah dan marah-marah.

Berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi dibutuhkan dalam proses pembentukan vitamin D di dalam tubuh, sehingga orang yang rajin berjemur jarang mengalami masalah tulang dan persendian maupun sakit jantung. Berjemur juga bisa menekan produksi melatonin atau hormon mengantuk, sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Segelas anggur (wine) menjelang tidur

Manfaat yang bisa langsung diperoleh dari anggur beralkohol adalah meredakan stres, tentunya dengan catatan tidak berlebihan. Dalam jangka panjang, kandungan antioksidan dalam produk fermentasi ini bisa mengurangi risiko sakit jantung dan menangkal berbagai senyawa radikal bebas pemicu kanker sakit. Khusus yg ini tidak saya anjurkan, terutama bagi anda yang Muslim karena HARAM hukumnya.

sumber: detik.com / resp.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR