Sabtu, 13 April 2013

Toilet Duduk vs Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

Rata-rata orang di perkotaan sudah menggunakan toilet duduk sehingga tidak merasa capek jongkok saat harus buang air besar. Tapi sebuah studi klinis menemukan bahwa toilet jongkok punya manfaat lebih. Benarnya demikian? Sebagian besar orang yang hidup di belahan bumi Barat telah duduk untuk menggunakan kamar mandi karena flushing toilet telah diciptakan di akhir abad ke-16. 

Tapi orang yang tinggal atau melakukan perjalanan ke Asia, Timur Tengah, atau beberapa bagian dari Mediterania mungkin lebih akrab dengan berjongkok di atas toilet. Sementara orang Barat telah melakukan bisnis dalam toilet duduk tanpa pertanyaan selama berabad-abad, toilet jongkok dan duduk mulai dibandingkan dan perdebatan muncul pada tahun 1960, ketika sejumlah buku teks medis menyarankan bahwa posisi jongkok tidak hanya lebih alami, tetapi lebih nyaman. 

Para penemu dari Squatty Potty bahwa toilet jongkok menunjukkan sejumlah manfaat kesehatan potensial, seperti dilansir Dailyhealthpost, Jumat (12/4/2013):  

1. Mengurangi sembelit, kembung, dan gas  
2. Menurunkan insiden dan gejala wasir  
3. Peningkatan kesehatan usus besar secara keseluruhan  
4. Otot panggul dan kontrol kandung kemih menjadi lebih baik
5. Mengurangi ketegangan dan proses BAB menjadi lebih cepat 

Sejumlah studi klinis telah melihat manfaat dari posisi jongkok untuk buang air besar, dan mereka setuju. Sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2010 menemukan berjongkok menurunkan tekanan perut dan ketegangan otot dibandingkan dengan duduk. Studi lain yang dilakukan di Israel pada tahun 2003 menemukan hasil yang sama, dan juga mengomentari relatif kurangnya masalah yang berhubungan dengan wasir, sembelit, dan divertikulitis (penyakit pencernaan) di lokasi-lokasi yang lebih sering menggunakan toilet jongkok. 

Manfaat toilet jongkok sebagian besar berasal dari peningkatan sudut anorektal, yaitu penegakan tabung yang dilalui tinja untuk keluar dari tubuh. Sambil duduk, lintasan ini menjadi bengkok sehingga membutuhkan lebih banyak usaha untuk memungkinkannya dilewati oleh kotoran. 

Sedangkan posisi jongkok meluruskan sudut anorektal, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah. Selain itu, posisi duduk menyebabkan rektum terbatasi oleh otot puborectalis. Otot ini sangat penting dalam menjalani kegiatan harian, karena memungkinkan untuk mengontrol Anda melepaskan perut, tetapi dapat menjadi penghalang ketika tiba saatnya untuk menggunakan kamar mandi. 

Jongkok membantu otot puborectalis untuk bersantai, sekali lagi mengurangi jumlah ketegangan yang diperlukan untuk evakuasi tinja. Pada gilirannya, mengurangi ketegangan menyebabkan lebih sedikit masalah usus dan pencernaan. 

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON !!! 
Sumber Merry Wahyuningsih - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR