Kamis, 24 April 2014

9 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Dapatkan Keturunan Meski Divonis Mandul

Pasangan mana yang tak sedih ketika salah satu didiagnosis mandul atau tak bisa meneruskan garis keturunan dalam keluarga. Toh ada beragam terapi kesuburan yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Terapi ini diklaim efektif mengatasi masalah kemandulan pada pasangan karena disesuaikan dengan penyebab kemandulan mereka. Lalu terapi apa saja yang dimaksud? Berikut pemaparan Dr Shae-Lee McArthur dari Monash University, seperti halnya dikutip dari ABC Australia, Kamis (24/4/2014).  

1. Induksi ovulasi 
Pasien akan memperoleh serangkaian suntik hormon untuk merangsang pertumbuhan sel telur sehingga proses ovulasi berjalan lancar. Bila cara ini sukses memicu ovulasi, maka pembuahan akan terjadi secara alami.  

2. Inseminasi buatan 
Prosedur ini biasanya ditempuh bila sperma suami sedikit atau jumlah sperma abnormalnya jauh lebih banyak. Dalam prosedur ini, sampel sperma diambil dari tubuh sang suami lalu dikembangbiakkan di lab. Bila sudah berlipat ganda, barulah sperma-sperma itu disuntikkan secara langsung ke rahim agar lebih mudah mengakses tuba falopi.  

3. Bayi tabung 
In vitro fertilisation (IVF) kerapkali dipakai untuk mengatasi kemandulan akibat penyumbatan pada tuba falopi, endometriosis, sperma yang abnormal atau beberapa kasus kemandulan yang tak jelas penyebabnya (unexplained infertility). Sang istri diberi sejumlah hormon selama beberapa minggu agar memicu pertumbuhan sel-sel telur dalam ovarium. Ketika sudah matang, sel-sel itu akan diambil dan diletakkan di preparat serta 'dipertemukan' dengan sperma suami atau donor. Sel telur itu pun akan dibuahi di lab selama beberapa hari sebelum akhirnya dikembalikan ke rahim. 

 4. GIFT (Gamete intrafallopian transfer) 
Prosedur ini hampir mirip dengan bayi tabung. Bedanya, pembuahan terjadi di dalam tubuh sang istri. Terlebih dulu sampel sel telur dan sperma pasangan diambil dan langsung diletakkan di dalam tuba falopi agar terjadi pembuahan. Wanita yang mandul akibat endometriosis atau gangguan serviks biasanya memilih cara ini untuk bisa hamil. Namun GIFT hanya dapat dimanfaatkan oleh wanita yang tuba falopinya tidak bermasalah.  

5. ZIFT (Zygote intrafallopian transfer) 
Pengguna prosedur ini kebanyakan adalah para pria yang spermanya abnormal atau tak bisa membuahi sel telur pasangannya. Prosedurnya hampir sama dengan bayi tabung, hanya saja embrio awalnya (zigot) langsung diletakkan di dalam tuba falopi sang istri.  

6. ICSI (Intracytoplasmic sperm injection) 
Cara ini sama persis dengan bayi tabung, termasuk mengambil sampel sperma dan sel telur lalu membiarkan keduanya melakukan proses pembuahan di luar tubuh pasangan. Namun sperma yang disuntikkan ke sel telur hanya butuh satu buah saja. Setelah pembuahan sukses, embrio baru ditransfer ke tuba falopi atau dikembangkan di lab selama beberapa hari lalu dipindah ke dalam rahim.  

7. Ekstraksi sperma 
Dalam prosedur ini, sperma diambil langsung dari epididimis atau testisnya menggunakan sebuah jarum. Kemudian proses pembuahan dilakukan di luar tubuh pasangan. Ini biasanya dimanfaatkan oleh para pria dengan kasus azoospermia (air maninya tak mengandung sperma) atau gangguan pada pembuluh darah dalam testis. Pasca prosedur, sperma sisanya dapat dibekukan agar nantinya dapat dipergunakan kembali.  

8. Pembekuan sperma dan embrio 
Bila dalam satu kali prosedur bayi tabung, embrio yang dihasilkan lebih dari satu tapi tak mungkin ditransfer ke rahim pasien, maka embrio ekstra itu dapat dibekukan. Embrio ini bisa digunakan di kemudian hari bila pasien gagal hamil lagi atau pasangan ingin menambah keturunan. Sperma juga dapat dibekukan dan disimpan di bank donor sperma.  

9. Donor sel telur, sperma dan embrio 
Dapat dikatakan ini adalah alternatif terapi terakhir bagi pasangan, terutama yang penyebab mandulnya cukup parah, misal karena ovariumnya tidak berfungsi sama sekali, suami tak dapat memproduksi sperma, atau pasangan yang sel telurnya tak bisa dibuahi. Wanita yang sudah berumur juga dapat menggunakan sel telur donor dari wanita yang lebih muda agar tidak terganjal masalah penuaan.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Rahma Lillahi Sativa - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR