Jumat, 05 Februari 2010

Tips “MeRAwAt” JeRawAt dAN BekAS JeRawAt

Keadaan kulit manusia berubah-ubah sesuai dengan bertambahnya usia. Semakin bertambah usia maka kulit kita kehilangan elastisitasnya, dan kehilangan kandungan air yang seharusnya dapat menjaga kelembapan kulit. Usia 17-30 tahun adalah usia yang paling rentan terserang jerawat.

Ada tiga penyebab, yakni adanya peningkatan kadar minyak di kulit, sumbatan pada saluran minyak di kulit, dan infeksi bakteri di kulit.

Untuk membasmi jerawat Anda harus

tahu terlebih dahulu apa tipe jerawat Anda, agar tidak salah mengobatinya. Berikut penjelasan ahli kosmetik dr Ariska F Andini dalam talkshow tentang jerawat di House of Ristra, Jakarta.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab jerawat, yaitu:

Hormon androgen, yang salah satunya mengatur kadar minyak di kulit.
Faktor keturunan, yang tergolong cukup besar persentasenya, yaitu sebanyak 60 persen.
Kebersihan kulit, karena malas mencuci muka setelah menggunakan kosmetik seharian.
Salah kosmetik, misalnya menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan pH (tingkat keasaman) kulit.
Mengonsumsi makanan berlemak seperti susu full cream dan keju.
Makan makanan yang merangsang atau pedas. Bakteri atau kuman penyebab jerawat bisa berkembang biak lebih cepat di udara yang kering dan panas. Makanan yang pedas meningkatkan suhu tubuh. Jadi segera dinginkan tubuh setelah makan pedas.
Stres atau kurang istirahat.
Rambut kotor dan berminyak, sehingga menyebabkan kotoran turun ke wajah dan menimbulkan infeksi.
Karena ada banyak faktor penyebab jerawat, untuk mengatasi atau menyembuhkan jerawat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun pada dasarnya inilah yang perlu Anda lakukan:

Jika jerawat Anda termasuk jenis yang meradang, gunakan sabun dengan pH yang balance dengan kulit (pH 7), menggunakan sabun sulfur yang membunuh kuman atau bakteri, scrubbing dua kali seminggu, memakai krim jerawat, serta menjaga kebersihan muka terutama setelah beraktivitas dan menggunakan make up tebal.
Noda hitam bekas jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Anda bisa mempercepat pembersihannya dengan menggunakan krim pemutih.
Lubang atau bopeng akibat jerawat bisa dikurangi dengan menggunakan alat yang bernama mesotherapy, dermabrasi, dan electrocauter. Untuk itu Anda membutuhkan bantuan dokter.
sumber: kompas.com, Editor: din

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR