Sabtu, 09 Agustus 2014

Inilah Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Ngompol

Umumnya anak-anak yang masih di usia tumbuh kembang masih sering mengompol, hal ini bisa jadi menjengkelkan bagi orangtua, terutama para ibu. Lalu, bagaimana mengatasi kebiasaan mengompol pada anak, terutama yang sudah mulai bersekolah? Simak beberapa kiat simpel yang disarikan dari Boldsky berikut ini:  

1.Komunikasi 
Saat mengenakan piyama dan popok baru pada anak, sempatkanlah untuk membangun komunikasi membahas kebiasaan mengompolnya tersebut. Bisa dengan mengemasnya lewat sebuah dongeng, pengalaman lucu Anda sewaktu kecil, dan sebagainya. Sebab, jika cara penyampaian Anda baik, maka anak pun mudah memahami keinginan dan harapan dari orangtua.  

2.Jangan minum berlebihan 
Anak yang masih suka mengompol jangan dibiarkan minum terlalu banyak menjelang tidur. Sebab, minum air atau susu terlalu banyak dapat meningkatkan durasi pencernaan air menjadi urin. Maka dari itu, terapkan aturan waktu terakhir minum setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.  

3.Pasang alarm 
Cari tahu waktu pipis anak, dan pasang alarm di jam tersebut. Dengan demikian, si kecil bisa langsung terbangun untuk ke kamar mandi. Cara ini mungkin awalnya bisa mengganggu jam tidur anak, tapi jangan menyerah, seiring waktu ia pun akan terbiasa.  

4.Cek kesehatan 
Jika ketiga kiat di atas tak juga menampakkan hasil selama tiga hingga enam bulan, dan anak Anda masih juga mengompol. Coba lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi apabila anak terjangkit penyakit seperti diabetes atau gangguan pada saluran pipis.  

5.Hadiah 
Iming-iming hadiah bisa menjadi pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan, tetapi tak perlu yang mahal dan menyulitkan Anda. Misalnya satu mangkuk es krim usai makan siang, atau waktu ekstra menonton televisi di hari sekolah.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber : Boldsky, kompas.com / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR