Selasa, 10 Juni 2014

Polusi hingga Gila Kebersihan, Serba-serbi Penyebab Pikun yang Unik (1)

Demensia atau lebih dikenal dengan pikun sebenarnya pasti terjadi seiring dengan pertambahan usia seseorang. Namun pikun bukan semata karena proses perubahan biologis melainkan juga pengaruh lingkungan, bahkan hingga pola makan. Jadi jangan heran bila Anda tiba-tiba kena pikun karena alasan lain. Nyatanya memang ada hal-hal unik yang tak pernah disangka- sangka ternyata dapat memicu kepikunan. Simak paparannya seperti halnya dirangkum detikHealth, Sabtu (7/6/2014) berikut ini.

1. Diabetes 
Dari hasil scan yang dilakukan peneliti Perleman School of Medicine, University of Pennsylvania, diketahui bahwa pasien diabetes memiliki volume otak yang lebih kecil. Sementara peneliti hanya bisa menduga bila ini mungkin ada kaitannya dengan jumlah glukosa dalam otak. Kondisi serupa juga akan dialami penderita obesitas dan tekanan darah tinggi atau lebih tepatnya sindrom metabolik.
2. Polusi 
Giliran National Institute on Aging AS yang melakukan studi dan menemukan lansia yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi memiliki skor tes kemampuan mental lebih rendah dibanding orang yang tidak tinggal di daerah rendah polusi. Bahkan makin banyak jumlah partikel yang mencemari udara daerah tersebut, makin menurun kemampuan mental si lansia.
3. Ompong 
Jangan malas gosok gigi kalau tak mau infeksi, bau mulut, apalagi sampai ompong. Sebuah riset dari University of California menemukan orang yang tidak gosok gigi tiap hari berisiko 65 persen lebih tinggi untuk pikun. Studi yang hampir senada di Swedia mengatakan ini karena impuls sensorik yang diciptakan oleh gerakan rahang dan gigi berhubungan dengan bagian otak yang berfungsi merekam kenangan dalam otak, yaitu hippocampus. Jadi makin sedikit giginya, maka akan lebih sedikit sinyal yang dikirim ke hippocampus itu.

4. Makan gorengan 
Hati-hati, makanan yang kaya protein lalu diolah dengan cara dibakar dan digoreng pada suhu tinggi akan menambah kadar advanced glycation end-products (AGEs) berbahaya di dalam darah. Advanced Glycation End-products (AGEs) merupakan substansi yang dapat menjadi faktor bagi perkembangan berbagai penyakit degeneratif, salah satunya demensia.
5. Nyeri punggung Bila tak segera diobati, gangguan sendi pada tulang belakang ternyata dapat membuat seseorang jadi lebih cepat pikun. Menurut peneliti dari McGill University, Montreal, nyeri punggung mengakibatkan penipisan bagian otak yang berfungsi menerima dan menerjemahkan rangsang nyeri yang dikirim sistem saraf ke otak. Dan ini bisa merembet ke bagian otak lain, termasuk bagian otak yang bertugas mengatur fungsi kognitif.
6. Selalu bangun kesiangan 

Pikun diduga ada kaitannya dengan orang yang selalu bangun kesiangan atau memiliki jam biologis yang lemah. Padahal orang-orang yang lebih aktif di siang atau sore hari ini berisiko 80 persen lebih besar untuk mengalami pikun ringan. Bukan berarti dipicu oleh bangun kesiangan, namun kebiasaan itu diyakini menunjukkan adanya risiko lebih besar. (Riset dari California Pasific Medical Center Research Institute)
7. Turunan 
Peneliti dari New York University Langone Medical Center menemukan risiko seseorang terkena Alzheimer bisa jadi dobel bila kedua orang tuanya mengidap penyakit serupa. Akan tetapi risikonya lebih besar bila ibunya yang mengidap Alzheimer, ketimbang jika sang ayah yang terserang Alzheimer.  


Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Rahma Lillahi Sativa - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR