Minggu, 17 Juni 2012

Seperti Ini Cara Merawat Kelamin Wanita

Jakarta - Alat kelamin wanita sangat rentan terserang virus dan jamur, maka tak heran perawatan untuk menjaga alat vital wanita lebih rumit ketimbang pria. Beginilah caranya menjaga kelamin wanita agar tetap sehat. Kondisi abnormal vagina secara signifikan mempengaruhi kesehatan reproduksi dan seksual. Untuk itu, dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dapat mencegah terjadinya masalah pada vagina. Dilansir dari Womenhealthzone, Selasa (22/5/2012), berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina: 1. Selalu pakai celana dalam berbahan katun Katun merupakan kain terbaik yang sesuai untuk semua jenis kulit. Dengan menggunakan celana dalam katun, memungkinkan organ genital untuk menghirup udara segar dan selalu membantunya tetap kering. 2. Keringkan setelah buang air kecil atau besar Setelah Anda selesai buang air kecil atau besar, biasakan selalu mengeringkan organ intim dengan tisu atau handuk. Hal ini dapat menghindari perkembangbiakkan bakteri di dalam dan sekitar vagina. 3. Basuh vagina dengan air besih dan mengalir Untuk menghindari masuknya bakteri dan jamur, basuhlah organ intim dengan air bersih dari arah depan ke belakang (vagina ke anus). Selain itu, selalu gunakan air yang mengalir atau berasal dari kran jika berada di toilet umum. img 4. Jangan menggaruk organ intim Jangan pernah menggaruk bila Anda mengalami gatal atau iritasi pada organ vagina. Cobalah gunakan kain katun lembut dan air hangat untuk membuatnya lebih baik. Hal ini dapat menghindari penyebaran infeksi ke organ lain pada vagina. 5. Sering-sering ganti pembalut Kebersihan pada saat siklus menstruasi sangatlah penting untuk menghindari masalah vagina. Hindari menggunakan pembalut yang beraroma (parfum) dan mengangdung gel, karena dapat menimbulkan iritasi dan gatal pada vagina. Selain itu, selalu menjaga daerah vagina tetap bersih dan kering. Ganti pembalut jika terdapat gumpalan darah di atas pembalut, yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur. 6. Hindari penggunaan bahan kimia Usahakan untuk tidak menggunakan produk tertentu seperti sabun deodoran, lotion atau produk kesehatan feminin lain yang dapat menyebabkan iritasi pada organ vagina. Terlebih lagi bila Anda memiliki alergi dengan bahan-bahan kimia. 7. Jangan bercinta saat ada infeksi vagina Infeksi vagina biasanya disebabkan oleh ragi (jamur) dan menyebabkan gatal dan sakit di vagina. Infeksi ini terkadang menimbulkan nyeri atau rasa seperti terbakar ketika berkemih atau berhubungan seksual. Untuk menghindari penyebaran dan memperparah infeksi, sebaiknya hindari berhubungan seksual selama gejala infeksi masih terasa. Sumber Merry Wahyuningsih - detikHealth

7 komentar:

abdurohim mengatakan...

informasi yang sangat berguna.
tapi bagaimana sih cara merawat alat kelamin pada pria agar tetap sehat..??

Cara Alami Mengobati Darah Rendah mengatakan...

ribet ya kalo cewek .....

symb4h3 mengatakan...

@abdurohim ... insyaAllah lain waktu akan saya share dimari

@NN... ya begitulah sudah kodrat

Anonim mengatakan...

say masih bingung


"basuhlah organ intim dengan air bersih dari arah depan ke belakang (vagina ke anus)"

maksutnya gimana itu
apa pertama memebersihkan vagina kemudian pindah ke belakang gitu yah (pembersihanya dipotong potong apa gimana) .

symb4h3 mengatakan...

@Anonim ... yg dimaksud adalah arahnya, dari kemaluan ke arah anus/dubur (maaf-red)

Aan Amirudin mengatakan...

INformasi dan tips yang sangat berguna, lengkap dan patut diikuti sebagai upaya untuk tetap sehat, semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi wanita yang belum tau akan hal tersebut, terima ksih atas infonya gan, walaupuin saya pria, tapi ini sangat berguna bagi pasangan saya nanti. terima ksih, salam sehat.

asikin mengatakan...

Terimakasih banyak atas informasinya!!!salam kenal dan semoga sukses...
bisa bermanfaat :)

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR