Selasa, 10 Juni 2014

Polusi hingga Gila Kebersihan, Serba-serbi Penyebab Pikun yang Unik (2)

Selain polusi, kebiasaan makan manis-manis dan selalu bangun kesiangan, ternyata masih ada lagi faktor unik lain yang bisa memicu kepikunan. Jangan coba-coba bila tak ingin pikun lebih cepat. Apa saja penyebab pikun unik yang dimaksud? Berikut paparannya seperti dirangkum detikHealth, Minggu (8/6/2014).


1. Makan sirip hiu 
Sirip hiu langka dan dilindungi, jadi jangan pernah mencoba untuk menyantapnya. Apalagi sirip ikan hiu diklaim mengandung racun bernama BMAA (beta-n-methylamino-L-alanine) yang dipercaya dapat memicu berbagai jenis kerusakan saraf, termasuk Alzheimer atau pikun.
2. Kesepian 
Suka menyendiri tak jadi soal, tapi jangan sampai merasa kesepian. Sebuah studi menemukan orang yang merasa kesepian memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar mengalami demensia dalam waktu 3 tahun dibandingkan yang tidak kesepian. Hal serupa juga dialami orang yang sering merasa stres.
3. Hirup asap rokok 
Konon perokok pasif merasakan dampak negatif dari rokok jauh lebih besar daripada si perokok sendiri. Salah satu risikonya adalah demensia alias kepikunan. Menurut tim peneliti dari Anhui Medical University di China dan King's College London, ternyata sering bernapas dalam satu ruangan dengan asap rokok meningkatkan risiko demensia parah.
4. Sundul bola 
Ini tentu risiko yang kerap dialami pesepakbola karena kebiasaan heading mereka saat pertandingan maupun latihan. Masalahnya peneliti Gruss Magnetic Resonance Research Center, Albert Einstein College of Medicine menemukan pemain yang terlalu sering melakukan 'heading' mengalami penurunan daya ingat dan abnormalitas otak seperti halnya yang ditemukan pada pasien cedera otak akibat trauma.
5. Susah mengunyah 
Menurut penelitian dari Swedia, orang-orang yang banyak mengalami kesulitan dalam mengunyah cenderung lebih cepat pikun. Ternyata ini masih ada kaitannya dengan pengaruh banyaknya gigi yang tanggal dengan penurunan kemampuan kognitif seseorang. Namun ada juga spekulasi lain. Makin aktif mengunyah, seseorang cenderung memiliki fungsi kognitif yang lebih bagus sehingga lebih aman dari risiko pikun, terlepas dari jumlah gigi yang dimilikinya saat itu. 

 
6. Gila kebersihan 
Sebuah penelitian dari Univeristy of California menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di negara dengan hygiene atau kebersihannya lebih baik justru lebih rentan mengalami Alzheimer. Peneliti menjelaskan lingkungan yang bersih membuat orang jarang terpapar kuman dan infeksi sehingga sistem imun tubuhnya tidak berkembang.
7. Sinis 
Baru-baru ini peneliti dari University of Eastern Finland menemukan orang yang mudah tidak percaya dan sinis pada orang lain rentan terkena demensia. Bahkan peneliti berani menyimpulkan orang semacam ini berpeluang dua kali besar terkena penyakit ala orang tua tersebut.



Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Rahma Lillahi Sativa - detikHealth

1 komentar:

www.harrymulyono.com mengatakan...

informasi ttg demesia juga dapat dilihat di situsku.....

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR