Minggu, 29 Maret 2009

TipS Blogging: PrOmOsi bloG baRu ZeRo To HeRo | For Newbie PArt 1

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk
Mempromosikan “Blog” agar dikenal banyak orang, tetapi sebagian orang belum memahami
cara dan etika dalam mempromosikan Blog yang dibuat.Kadang-kadang Cara apapun ditempuh agar Blog menjadi terkenal. Hal yang terpenting sebenarnya adalah Mengarahkan Pengunjung
kepada Blog yang kita buat, agar “Informasi” yang terkandung di dalamnya dapat dilihat dan
sampai secara maksimal kepada banyak pembaca. Tulisan ini adalah rangkuman dari hasil Sharing beberapa sahabat blogger yang telah lebih dulu mengelola blog dan mempromosikan
dengan cara yang baik dan benar ( teman saya Aditya www.nafasku.com ).
Setidaknya ada 9 cara yang efektif dalam mempromosikan Blog sebagai berikut:

1.Mempromosikan Blog Melalui Search Engine.

Cara yang paling Praktis adalah menggunakan Auto Web Submiter. Ada banyak layanan Gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran. Kita bisa mencarinya sendiri di Search Engine atau tanya kapada Paman Google. Untuk memudahkan dalam mendaftar, saya sarankan menggunakan layanan Mypagerank. Layanan lain yang dikhususkan dalam Pencarian Blog diantaranya Google Blog Search http://www.Blogsearch.google.com) dan juga Blogdigger http://www.Blogdigger.com). Kedua layanan ini adalah Layanan Pencarian Blog yang paling banyak digunakan. Hampir semua Penyedia layanan Blog mempunyai fasilitas Pencarian
dengan meng-index link pada database mereka sendiri. Selain itu kita juga diuntungkan apabila ada fasilitas ping yang akan mempermudah dalam Promosi Blog.

Salah satu Web Auto submite adalah Mypagerank. Layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog pada beberapa Search engine besar sbb:

” target=”_blank”>www.google.com, www.infotiger.com, www.searchuk.com,
” target=”_blank”>www.maxpromo.com, www.whatuseek.com, www.walhello.com,
” target=”_blank”>www.szukacz.com, www.cipinet.com, www.fybersearch.com,
” target=”_blank”>www.unasked.com, www.mixcat.com, www.amfibi.com,
” target=”_blank”>www.searchengine.com, www.scrubtheweb.com,
” target=”_blank”>www.entireweb.com, www.aesop.com, www.splatsearch.com,
” target=”_blank”>www.acoon.com, www.daypop.com, www.websquash.com,
www.seach-o-rama.com, www.uk.abacho.com,
www.yandex.ru, www.bigfinder.com, www.metawebsearch,
www.biveroo.de, www.jayde.com, www.infoseek.co.jp.

Untuk mempromosikan blog ke 28 Search Engine diatas,
masuk saja ke multi submiter search engine : http://www.mypagerank.net/service_engine…. Kecepatan Search engine mengenali situs/Blog kita tergantung seberapa cepat Search engine meng-indexnya.

2.Komentar pada Blog lain.

Beri komentar pada blog yang dikunjungi,cara ini cukup akurat dalam mempromosikan Blog kita. Biasakan komentar yang positif dan membangun pada blog orang lain,isi buku tamu, online Chat atau tagboard kalau memang tersedia. Beri komentar yang berbobot dan Jangan melakukan Spamming.

3.Bergabung dengan Forum/ Mailing List.

Cara ini membina Relationship antar Blogger. Cari Forum yang sesuai dengan Topik Blog kita. Beri komentar dan menjawab semua Persoalan yang baik di Forum dan Jangan melakukan spamming.

4.Bertukar Link.

Cari Blog yang sudah mempunyai Ranking yang baik, selain meninggalkan jejak, hal ini akan membuat blog kita ter-index oleh search engine. Bertukar Link juga berguna sebagai media
pengingat Blog yang pernah dikunjungi. Hindari Perasaan buruk, dendam, kesal, atau marah,
bila tidak ada link balik. Berfikir positiflah, mungkin sedang sibuk atau lupa.

Bagi Blogger lama yang sudah terkenal, berbagilah link pada blogger baru. Kenapa? Karena tanpa dukungan mereka Blog lama tak berarti apa-apa.Pada kenyataannya memang bertukar link dengan Blogger baru tidak menguntungkan apa-apa. Dalam banyak hal malah akan menguntungkan Blogger baru. Tetapi dalam hal lainnya Blog lama akan terus diingat dan dikunjungi Blogger baru.Alasannya Simple, karena mereka merasa sangat dihargai dan diperhatikan.

5.Publikasi melalui Email

Cara ini cukup Efektif untuk mempublikasikan Blog kita.Misalnya kita mengirim Email kepada teman, saudara, rekan bisnis/ kerja. Cukup berikan alamt Blog sebagai informasi, tanpa memaksa agar mengunjungi blog kita.

6.Menghindari penggunaan SPAM.

Spam adalah tindakan mempromosikan situs/ blog tanpa mempedulikan waktu dan tempat.
Pastikan tempat kita berpromosi sesuai dengan promosi yang kita berikan.
Kalau tidak sesuai, pikirkan lagi jalan keluar yang baik agar orang menyukai Promosi kita.

7.Penggunaan Bahasa pada Blog.

Cara lain yang mendukung Promosi Blog adalah Penggunaan Bahasa pada Blog.
Ingat, Pembaca Blog bukan saja orang Indonesia, tetapi hampir semua orang di dunia.
Ada baiknya kita menggunakan Bahasa Inggris, Selain bisa dimengerti pembaca luar, juga mudah dimengerti Mesin Pencari. Lanjut kursus TOEFLnya yo…

8.Pasang Iklan pada Dunia Nyata.

Aneh dan lucu? Hal ini memang jarang dilakukan Blogger, tapi cara offline inipun bisa menjadi alternatif. Kita bisa Promosikan lewat media papan Pengumuman di kampus, Kantor, lewat SMS, atau media cetak.

9.Daftarkan Blog pada layanan Pihak Ketiga.

Layanan Pihak ketiga memungkinkan Blog kita lebih dikenal luas diseluruh dunia. Beberapa yang terbaik dalam melakukan Promosi adalah:

Technorati http://www.technorati.com.

Blog Pulse http://www.blogpulse.com

Ice Rocket http://www.icerocket.com

Blog Digger http://www.blogdigger.com

Daypop http://daypop.com

Tip untuk Technorati: Sering seringlah melakukan ping dengan layanan ini. Kebanyakan pengunjung Tehnorati adalah Blogger juga dan gunakan keyworddan tag yang sepatutnya dan sesuai dengan Blog kita.

Salam Action !


Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR