Selasa, 13 Agustus 2013

Ini Dia 4 Jenis Sakit Kepala yang Bisa Mengganggu Anda

Sakit kepala dapat menyerang kapan saja dan bisa menjadi gejala dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu perlu untuk memahami tipe sakit kepala yang Anda rasakan, agar bisa melakukan pengobatan yang tepat. Berikut adalah empat jenis sakit kepala dan cara menyembuhkannya, seperti dikutip dari Asiaone, Selasa (13/8/2013).  

1. Sakit Kepala karena Tegang 
 Nah, ini dia jenis sakit kepala yang sebagian besar orang pasti mengalaminya. Dua dari tiga orang setidaknya pernah mengalami sekali seumur hidupnya. Sakit kepala jenis ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. 

Penderita mengalami sakit kepala mulai dari yang ringan sampai sedang, sering menjelaskan rasa sakitnya seperti kepala diikat kencang. Rasa sakitnya juga bisa dirasakan pada daerah kepala belakang dan leher. 

Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, baik secara emosi atau fisik, atau kelelahan. Sakit kepala karena tegang ini juga dikaitkan dengan depresi. Selain pengobatan farmasi, cara untuk mengobati tipe sakit kepala ini adalah dengan merubah gaya hidup Anda. 

Untuk menghilangkan sakit kepala ini bisa dilakukan yoga dan teknik pengaturan stres lainnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak sering menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakitnya.  

2. Migrain 
Migrain menyerang wanita setidaknya tiga kali lebih sering daripada pada pria. Migrain bisa menghasilkan rasa sakit mulai dari yang sedang hingga rasa sakit parah. Seringnya rasa ini dimulai dari rasa nyeri sebelum menjadi rasa sakit yang terus menerus, rasa nyeri yang dapat berlangsung sampai beberapa jam, dalam kasus yang lebih ekstrem bahkan bisa berhari-hari. 

Biasanya rasa sakit ini hanya terasa pada salah satu sisi kepala. Penderita bisa ngalami kepekaan pada cahaya dan suara, atau bahkan mual dan muntah. Migrain dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan hormon, makanan dan bahkan perubahan cuaca. 

Penderita migrain yang terus menerus harus membuat catatan dari frekuensi serangan dan berkonsultasi dengan dokter mengenai obat tepat apa yang diperlukan.  

3. Sakit Kepala Berulang 
Sakit kepala jenis ini tidak terlalu umum, tapi penderita bisa mengalami sakit kepala yang sangat parah. Selama mengalami sakit kepala berulang, penderita akan mengalami sakit kepala setiap hari selama beberapa hari, terkadang bahkan hingga berminggu-minggu, dengan serang utama pada malam hari. 

Sakit kepala tersebut dapat tiba-tiba menghilang untuk waktu yang lama sebelum kemudian kembali terasa tanpa adanya peringatan. Ini sering terjadi pada pria. Penderita mengalami nyeri menusuk di belakang mata atau di salah satu sisi kepala. 

Ada juga yang mengalami pembengkakan, kemerahan, dan berair pada mata yang terkena. Gejala lainnya termasuk rasa gelisah. Gaya hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol atau merokok dianggap menjadi pemicu utama timbulnya sakit kepala ini, meskipun para ahli masih belum yakin dengan penyebabnya. Jika Anda mengalami sakit kepala seperti ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada gangguan lainnya.  

4. Sakit Kepala Sinus 
Ini bisa menyertai penderita sinusitis, sebuah inflamasi dari sinus, suatu peradangan pada sinus, rongga di tengkorak. Penderita akan mengalami sakit yang mendalam, sakit terus menerus di sekitar dahi, tulang pipi dan hidung. 

Selain itu, gerakan kepala tiba-tiba akan mengintensifkan rasa sakit. Gejala lainnya seperti debit lendir, demam, pembengkakan pada wajah atau rasa sakit pada gigi bagian atas. 

Sakit kepala karena sinus bisa diobati dengan dekongestan dan antihistamin. Tapi dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter jika rasa sakit dirasakan lebih lama dari sepuluh hari. 

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR