Selasa, 05 November 2013

Jangan Remehkan, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Bisa Bikin Gemuk

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan masing-masing dalam aktivitas sehari-harinya. Beberapa kebiasaan ini bisa membuat Anda lebih sehat atau malah sebaliknya. Anda mungkin perlu berusaha untuk mengubah beberapa kebiasaan, sebab mungkin saja itu bisa membuat berat badan kian meningkat tanpa Anda sadari.  

Berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat Anda menjadi gemuk, seperti dikutip dari Health Me Up, Senin (4/11/2013):
1. Kurang tidur 
Perhatikan jam tidur Anda, kurang tidur dapat membuat gemuk, lho. Menurut penelitian, kurang tidur memperlambat metabolisme Anda sekitar 5-20 persen. Sehingga mengubah kadar hormon yang mengatur rasa lapar dan akan membuat Anda lapar sepanjang hari. Tanpa disadari ini akan membuat Anda makan lebih banyak.
2. Makan di dalam mobil 
Saat ini sudah banyak beberapa restoran yang memberikan kemudahan agar Anda bisa membeli makanan tanpa turun dari mobil. Dengan begitu sudah pasti Anda akan memesan makanan tanpa memperhatikan jumlah kalori. Kebiasaan ini akan membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya dalam sekali waktu. Jika memang Anda berencana melakukan perjalanan jarak jauh, sediakan makanan sehat di dalam mobil dan botol air minum agar lapar bisa diatasi tanpa makan berlebihan 

3. Makan di depan TV 
Saat makan, sebaiknya Anda gunakan meja makan dan fokus terhadap makanan. Makan di depan TV tanpa disadari akan membuat Anda makan lebih cepat. Otak membutuhkan waktu untuk 'berkomunikasi' saat Anda sudah kenyang. Jika Anda terdistraksi oleh TV, maka Anda tidak mengenali sinyal tersebut dan akan terus makan.
4. Makan makanan yang sama setiap hari 
Buatlah beberapa variasi makanan sehat per minggu. Jika Anda hanya makan makanan yang sama, misalnya terus menerus sayur tertentu setiap hari, bukan tidak mungkin di akhir pekan Anda akan melakukan 'balas dendam' dan makan makanan tak sehat secara membabi buta.
5. Cenderung mengikuti teman 
Makan bersama teman memang menyenangkan, namun jika ia tidak terbiasa makan makanan sehat dan Anda terpaksa mengikutinya, bisa jadi Anda justru akan ikut tak sehat. Sebisa mungkin lakukan pemesanan makanan terlebih dahulu agar Anda tak memiliki peluang untuk mengikuti apa yang ia pesan.
6. Membuat rencana bertemu di kafe 
Tanpa disadari jika Anda janji bertemu dengan seseorang di kafe, maka Anda akan memesan segelas minuman atau bahkan camilan lain. Oleh sebab itu, buatlah janji bertemu di tempat lain yang tidak mengharuskan Anda untuk memesan makanan atau minuman, misalnya seperti toko buku
7. Memesan tanpa menanyakan ukuran porsi 
Memesan makanan yang kemudian datang dalam porsi besar seringkali membuat Anda terpaksa untuk menghabiskannya dan merasa bersalah jika ada sisa di piring. Meskipun menanyakan porsi terkesan cerewet, namun langkah ini penting untuk menjaga porsi tetap sesuai kebutuhan Anda. Jika porsinya memang pas, maka Anda akan bisa makan tanpa khawatir kegemukan.  


Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR