Minggu, 24 Juni 2012

Cara Mendisiplinkan Perut Agar Lancar BAB Tiap Pagi

Jakarta, Bagi sebagian orang, Buang Air Besar (BAB) sudah menjadi ritual tiap pagi sebelum memulai aktivitas. Bagi yang belum terbiasa, ada banyak cara untuk mendisiplinkan perut agar bisa mengeluarkan sisa metabolisme dengan lebih teratur. Proses defekasi atau BAB merupakan bagian dari sistem metabolisme, untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dan diserap oleh tubuh. Bila tidak dikeluarkan secara teratur, maka risikonya adalah penyerapan ulang dari sisa-sisa metabolisme yang umumnya bersifat racun bagi tubuh. Selama bisa teratur setiap hari, sebenarnya BAB tidak harus dilakukan pagi hari. Namun beberapa literatur khususnya dalam ilmu pengobatan China disebutkan, waktu terbaik untuk baik BAB adalah pukul 5-7 pagi saat meridian usus berada pada titik paling aktif. Jika yang tertarik untuk mengatur jadwal BAB tiap pagi, maka cara mendisiplinkan perut adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Longheh.com, Selasa (27/3/2012). 1. Tanamkan niat di pikiran Setiap mau tidur, katakan pada diri sendiri bahwa besok pagi-pagi sekali akan buang air besar dan yakinkan bahwa hal itu akan menjadi kebiasaan. Lama-kelamaan kebiasaan itu akan terprogram dengan sendirinya jika sejak dari pikiran memang sudah tertanam demikian. 2. Makan banyak serat Lancar tidaknya proses defekasi sangat dipengaruhi oleh kecukupan serat dalam menu makan sehari-hari. Supaya lancar, perbanyak minum air putih, makan makanan berserat seperti sayur atau buah-buahan, serta kurangi daging-dagingan, makanan pedas dan makanan berminyak. 3. Hindari stres Untuk bisa buang air dengan lancar, usus harus dalam kondisi rileks. Saat stres dan banyak pikiran, gerakan peristaltik usus yang mendorong kotoran keluar dari tubuh akan terganggu sehingga jadwal buang air besar akan berubah dan menjadi tidak teratur. 4. Jangan dipaksa Meski buang air besar secara teratur itu penting, namun jauh lebih penting lagi untuk tidak memaksakan diri. Apabila dalam beberapa menit tidak keluar juga, maka sebaiknya jangan mengejan karena hal itu akan meningkatkan tekanan darah dan membuat usus mengalami stres. Sumber AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

11 komentar:

Obat Tradisional Hepatitis B mengatakan...

hallo met pagi :)

Obat Tradisional Jantung Bocor mengatakan...

makasih ya tas infonya

Obat Tradisional Asam Urat mengatakan...

sangat bermanfaat bgt infonya bagi saya

Obat Tradisional Nyeri Sendi mengatakan...

good luck

symb4h3 mengatakan...

@all komentator... terimakasih atas patisipasi kunjungan anda

Cara Alami Mengobati Kelenjar Getah Bening mengatakan...

Kunjungan,,,Blog nya keren tamplatenya ok banget

Cara Alami Mengobati Kelenjar Getah Bening mengatakan...

Kunjungan,,,Blog nya keren tamplatenya ok banget

Obat Tradisional Hepatitis B mengatakan...

Bagus infonya , bermanfaat banget

Obat Tradisional Jantung Bocor mengatakan...

salam hangat n salam kenal slalu ya

Obat Tradisional Asam Urat mengatakan...

good luck

symb4h3 mengatakan...

@semua...Salam kenal & Sukses selalu buat anda sekalian.

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR