Selasa, 24 Februari 2015

Ketahui Gejala Paru Paru Basah Yang Sering Terjadi

Gejala paru-paru basah tentunya wajib anda ketahui karena penyakit paru-paru basah atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama pneumonia masuk dalam kategori penyakit yang berbahaya. Menurut para dokter, penyakit paru-paru basah disebabkan oleh infeksi pada paru-paru. Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus, tetapi sebagian besar penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Jika bakteri pneumonia sudah menyerang, maka peredaran oksigen para paru-paru anda tidak akan lagi berjalan normal. Nah, agar anda bisa mencegah atau mengobati penyakit paru-paru basah ini sejak dini, alangkah baiknya anda mengetahui ciri dan gejala penyakit ini terlebih dahulu. 

Gejala Paru-Paru Basah / Pneumonia : 

1. Batuk 
Sebagian orang terkadang sering menyepelekan penyakit batuk karena batuk dianggap menjadi penyakit musiman atau penyakit yang sederhana. Mungkin, ada benarnya jika anda batuk karena banyak makan gorengan atau karena efek terkena hujan. Namun, jika batuk yang anda derita tak kunjung sembuh padahal anda sudah mengobatinya, anda bisa mempertanyakan batuk anda karena bisa saja batuk yang anda derita adalah gejala paru-paru basah. Biasanya, penderita paru-paru basah akan mengalami batuk kering terlebih dahulu dan kemudian disusul dengan batuk berdahak.  

2. Keringat Dingin Pada Telapak Tangan Dan Kaki 
Gejala paru-paru basah yang satu ini adalah gejala penyakit yang paling dikenali. Namun, mengapa orang yang terkena paru-paru basah sering mengalami hal tersebut.Keringat dingin tersebut tidaklah keluar akibat efek cuaca yang terlalu panas, melainkan keringat tersebut muncul karena oksigen tidak mengalir sempurna dalam tubuh. Akibatnya, sebagai bentuk protes tubuh, keringat dinginpun dikeluarkan oleh tubuh.Sebaiknya, jika anda sudah mengalami keringat dingin terus-terusan, anda bisa segera checkup ke dokter agar cepat ditangani.  

3. Sakit Kepala Ringan 
Meskipun penyakit pneumonia atau paru-paru basah adalah penyakit yang menyerang organ vital pernapasan anda, tetapi hal tersebut sering bepengaruh pada organ tubuh yang lain. Hal tersebut terbukti karena sebagian besar orang yang terkena paru-paru basah sering sekali terkena sakit kepala ringan. Sakit kepala yang merupakan gejala paru-paru basah dikarenakan supplay oksigen ke otak yang kurang lancar atau bahkan bisa dikatakan kurang. Jadi, ketika sakit kepala menyerang anda, bukan berarti otak anda yang terganggu, bisa jadi hal tersebut menunjukkan pada anda bahwa anda terkena penyakit paru-paru basah.  

4. Cepat Lelah 
Lelah adalah efek yang anda terima ketika anda sibuk dengan aktivitas anda. Yang anda perlukan tentunya adalah dengan beristirahat agar lelah yang melanda akan segera menghilang. Namun, apa jadinya jika anda tidak merasa melakukan banyak aktivitas tetapi lelah terus melanda anda terus menerus. Lelah yang seperti itu haruslah anda pertanyakan karena lelah tanpa sebab bisa jadi adalah gejala paru-paru basah. Lelah yang disebabkan oleh penyakit pneumonia diakibatkan karena supplay oksigen ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan lancar sehingga tubuh cepat lelah dan kurang bertenaga. 

5. Nafsu Makan Berkurang Dan Berat Badan Turun 
Gejala penyakit pneumonia yang satu ini sering tak disadari oleh penderitanya. Nafsu makan berkurang dan berat badan yang turun drastis bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru-paru anda. Jika hal tersebut terjadi pada anda, alangkah baiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter. Biasanya, ciri tersebut menunjukkan bahwa paru-paru basah yang anda derita sudah dalam keadaan yang cukup parah. Jadi, lebih baik anda segera mengobatinya agar penyakit tersebut tidak membuat nyawa anda melayang. 

Semoga informasi tentang gejala paru-paru basah di atas bermanfaat bagi para pembaca.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Andre Fillophy duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR