Kamis, 11 September 2014

Manfaat Cabai atau Lombok untuk Kesehatan

Cabai atau dalam bahasa Jawa disebut dengan lombok adalah termasuk buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum yang selalu hadir menemani berbagai jenis masakan, khususnya sayur. Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi dan mempunyai banyak manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker. Beberapa manfaat cabai di antaranya:  

1. Membantu melegakan pernapasan 
Rasa pedas dan panas pada cabai bisa merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Konsumsi cabai merah akan membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru. 

 2. Baik untuk kesehatan jantung 
Cabai merah terbukti mampu menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga, sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.  

3. Menjaga berat badan 
Rasa panas di tubuh saat kita makan cabai merah adalah satu bukti bahwa cabai merah memiliki efek termogenik atau memproduksi panas di dalam tubuh, sebuah efek yang sama dengan olahraga. Selain itu, cabai merah juga membantu mempercepat proses pencernaan dan metabolisme tubuh.  

4. Meningkatkan kekebalan tubuh 
Kandungan vitamin C pada cabai berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, perpaduan vitamin A, vitamin B dan vitamin C pada cabai merah akan membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Misalnya saja flu, batuk dan pilek. Vitamin A bisa menangkal infeksi misalnya saja pada saluran hidung, paru-paru, sayuran kandung kemih, dan saluran pencernaan.  

5. Melawan radang 
Kandungan zat kapsaisin pada cabai merah diketahui mampu menghambat neuropeptida yang bertanggung jawab pada proses peradangan. Salep atau krim yang mengandung kapsaisin juga banyak digunakan untuk mengobati nyeri rematik atau nyeri sendi.  

6. Mencegah kanker 
Selain ampuh melawan radang, kapsaisin pada cabai juga bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker prostat, demikian hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research yang dilansir whfoods. Akan tetapi, satu hal yang harus Anda waspadai adalah bahwa terlalu banyak mengonsumsi cabai justru bisa menaikkan risiko kanker perut, jadi berhati-hatilah.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat, 
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber manfaatnya.com

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR