Jumat, 23 Januari 2015

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk

Jika seseorang sedang panas dalam, atau dalam kondisi tidak sehat sering mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorakan ini umumnya disebabkan oleh bakteri yang menyebar dimakanan atau minuman yang kita santap. Dapat juga melalui udara, makanya disebut batuk atau sakit tenggorokan dapat menular melalui udara. Disarankan yang mengalami sakit tenggorokan dan batuk untuk memakai masker supaya tidak menularkan ke orang lain. 

Memang sangat tidak enak jika sudah mengalami sakit tenggorokan ini, apalagi sampai batuk-batuk. Mau ngomong susah, makan susah, apalagi nyanyi dan lain sebagai yang berhubungan dengan mulut dan tenggorakan. Jadi disini saya akan berbagi sedikit informasi obat alami untuk sakit tenggorokan dan batuk anda, silahkan disimak : 

1. Berkumur dan minum air garam 
Berkumur dengan air garam sangat efektif dan cepat melegakan sakit tenggorokan. Dan air garam juga dapat menghilangkan panas dalam ketika anda meminumnya. Seperti yang kita ketahui panas dalam adalah satu penyebab sakit tenggorakan ini. Dan juga garam ini berfungsi sebagai antiseptik, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit yang ada. Sebelum berkumur, pastikan air dalam suhu hangat dan cukup nyaman. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga rata. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari, dan setelah berkumur, minum lagi air garam yang baru.(jangan minum air bekas kumuran).

2. Madu dan Lemon 
Madu adalah bahan alami yang paling sering ditemukan dan sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Madu sering digunakan karena kemampuan anti-bakterialnya membantu proses pengobatan. Sedangkan lemon juga berguna untuk mengobati sakit tenggorakan. Jika anda mengkombinasikan keduanya pasti akan lebih efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk anda.
3. Teh jahe 
Jahe sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati sakit tenggorokan. Dikarenakan kandungan zingiberin pada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat. Baca juga : Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan
4. Bawang putih 
Bahan yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat mengobati sakit tenggorokan juga. Dikarenakan bawang putih ini mengandung senyawa yang bernama allicin yang merupakan zat pembunuh bakteri. Cara menggunakannya gampang sekali, anda tinggal kunyah beberapa bawang putih tersebut, dan diamkan dalam tenggorokan anda selama beberapa menit, setelah itu kumur dengan air hangat. (dilanjutkan dengan minum teh jahe, atau campuran madu dan lemon)
5. Buah belimbing 
Buah dengan nama inggris “starfruit” ini ternyata juga bisa mengobati sakit tenggorokan. Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk menggunakannya dapat dikomsumsi secara langsung, ataupun di buat jus (tanpa gula). 
Itulah beberapa cara alami menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk dengan berbagai macam bahan tanaman maupun yang ada di dapur anda. Mudah bukan? 

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR