Selasa, 01 April 2014

Tak Cuma Olahraga, 5 Langkah Ini Juga Bisa Bantu Usir Lemak di Perut

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di perut adalah dengan rutin berolahraga misalnya sit up atau push up. Tapi, bagaimana jika tak sempat untuk berolahraga? Tenang saja, menurut ahli diet terdaftar dan personal trainee bersertifikat sekaligus personel The Nutrition Twins, Tammy Lakatos Shames, perubahan gaya hidup juga bisa membawa perubahan besar untuk mengusir timbunan lemak di perut Anda. 
Seperti diketahui, terlalu banyak lemak di perut berkaitan erat dengan tingginya risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes. "Sebaliknya, kelebihan lemak di sekitar pinggul dan paha tidak membahayakan," ujar Shames. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memangkas lemak di perut, seperti dikutip dari CNN, Selasa (1/4/2014): 

1. Kurangi stres 
Permasalahan yang bisa membuat seseorang tertekan dapat meningkatkan hormon kortisol yang bisa menyebabkan penyimpanan lemak ekstra di perut. Untuk itu, Lakatos menyarankan Anda menyiasati stres dengan yoga atau latihan pernapasan. "Yoga dan latihan pernapasan mengaktifkan sistem saraf parasympathetic tubuh yang akan membantu tubuh rileks secara otomatis," kata Lyssie lakatos, personel lain dari The Nutrition Twins sekaligus ahli diet terdaftar dan personal trainee bersertifikat.
2. Dapatkan waktu tidur lebih banyak 
"Kortisol akan meningkat ketika Anda tidak mendapat cukup waktu untuk beristirahat. Saat Anda kurang tidur, produksi hormon kortisol akan naik dan lemak di perut pun bertambah. Apalagi ketika Anda lelah dan merasa kedinginan, Anda sering beralih ke makanan karena hormon kortisol membuat Anda lapar. Sebaiknya dapatkan waktu tidur tujuh sampai delapan jam sehari," terang Shames.
3. Konsumsi makanan dengan probiotik 
Mengasup makanan yang mengandung probiotik bisa membantu mengurangi rasa kembung di perut akibat pencernaan usus yang buruk. Oleh karena itu, Lakatos menyarankan Anda menambahkan susu dengan probiotik, kefir, atau yoghurt untuk meringankan sistem pencernaan Anda. "Asalkan di tabel makanan itu tertulis mengandung kultur hidup dan aktif," ujarnya.
4. Hindari minuman penyebab perut kembung 
Shames menyarankan hindari alkohol dan minuman mengandung soda terutama di malam hari karena terbukti akan membuat perut kembung. Minuman lain yang tidak ia rekomendasikan adalah kopi yang bisa mengiritasi saluran pencernaan. "Banyak pelaku diet percaya minum soda nol kalori tidak akan berdampak negatif pada mereka. Kenyataannya, karbonasi di minuman bersoda bahkan air soda bisa membuat perut kembung karena gas dari proses karbonasi mengendap di perut. Lebih baik, banyaklah minum air putih," papar Shames. 

5. Kurangi garam dan makanan tinggi sodium 
Garam menyebabkan terganggunya saluran pencernaan dan kembung berlebihan di perut. Sodium membuat tubuh mempertahankan lebih banyak air sehingga dikatakan Shames penampilan Anda akan terlihat lebih 'bengkak'. "Jauhi daging kemasan dan makanan olahan dengan banyak bumbu. Waspada juga pada beberapa snack yang tinggi natrium yang bisa membuat perut gendut," kata Shames.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR