Jumat, 03 April 2015

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan 4 Aktivitas ini

Orangtua mana yang nggak mau melihat anaknya mengalami tumbuh kembang optimal? Menstimulasi dengan melakukan berbagai aktivitas adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya. Inilah 4 aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama bayi agar kecerdasan Si Buah Hati terus bertambah.  

1.Bermain Bersamanya 
Bermain menjadi salah satu hal paling menyenangkan bagi anak, terutama ketika Si kecil sudah mengenali orang-oramg dan lingkungan sekitarnya. Siapa sangka, permainan ciluk-ba ternyata juga penting bagi perkembangan otaknya. Melalui permainan ini, bayi akan mempelajari bahwa barang atau orang itu bisa hilang dan muncul kembali. Di sini bisa diajarkan bahwa ketika kamu tidak terlihat, kamu bisa tetap ada di dekatnya. Ketika anakmu sudah mulai besar, coba bermain dengan menyembunyikan barang di dekatnya. Ini akan membuat buah hatimu belajar untuk berpikir sambil berusaha menemukan barangnya.  

2.Membaca Untuknya 
Membacakan cerita untuk si kecil sejak dulu sudah menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh para ibu. Coba manfaatkan berbagai buku dengan desain dan cerita menarik untuk menajamkan indera-inderanya sambil membacakannya bersamamu. Membaca buku bersama-sama bisa dimulai sejak bayi atau bahkan sejak kamu masih hamil. Riset membuktikan, para bayi baru lahir ternyata bisa mengenali buku yang dibaca oleh ibunya saat masih berada dalam kandungan. Luar biasa, bukan?  

3.Berbicara Dengannya 
Hal yang satu ini, sudah pasti sering dilakukan oleh para ibu. Walaupun mungkin bayi kecil belum bisa menjawab dan memahami perkataan ketika kamu ajak bicara. Sama halnya dengan membaca, mengajaknya berbicara bisa membantu mengembangkan kosakatanya nanti. Sering mengajaknya “ngobrol”, bayi kecil biasanya akan mulai bicara ("gu-gu", "da-da") lebih cepat. Siapa sangka, ternyata bahasa pertama yang sering dikeluarkan bayi adalah ekspresi akan kebutuhannya untuk berkomunikasi denganmu. Kamu sangat disarankan untuk lebih cerewet saat melakukan aktivitas bersama si kecil, saat mengganti popok, makan, atau saat bermain bersamanya. Ini bisa membuat anakmu lebih pintar bicara dan punya kosakata yang lebih banyak saat dia besar nanti.  

4.Menyentuhnya 
Ini adalah salah satu sebab mengapa bayi senang sekali digendong, ternyata "Sentuhan adalah kebutuhan utama bayi," kata Dr. Jean Clinton dari McMaster University, Hamilton, Ontario, Kanada. Mengangkat dari dan menaruhnya ke tempat tidur jadi sangat penting bagi bayi karena ini bisa dirasakan batas antara tubuhnya dan tubuh orang lain. Bahkan, Si Bayi pun jadi mengerti atau bisa membedakan momen ketika dia sedang sendiri atau ketika sedang bersama orang lain.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Yessica Bernadeta family.fimela.com

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR