Kamis, 31 Oktober 2013

11 Kesalahan yang Sering Dibuat oleh 'Orang Tua Modern'

Beda zaman, beda pula pola asuh anak yang diterapkan. Ungkapan itu bisa saja berlaku pada beberapa orang tua. Misalnya di era modern sekarang ini, pola asuh orang tua pun berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Nah, tanpa disadari, saat menerapkan pola asuh modern tersebut, ada kemungkinan kesalahan yang dilakukan orang tua. Dilansir Babble, Rabu (30/10/2013) ini dia beberapa kesalahan yang bisa dilakukan para orang tua modern:  

1. Membiarkan anak tahu masalah orang tua 
Dalam artian orang tua masa kini sering tak peduli ketika anak-anak ada di sekitarnya, mereka tetap menerima telepon atau pesan dari temannya. Sehingga, tanpa disadari, anak pun makin mudah mengetahui apa yang dibicarakan orang tuanya.  

2. Menularkan narsisme 
Orang tua masa kini juga suka mengunggah foto kegiatan atau dirinya sendiri di media sosial. Hal ini bisa menular pada anak di mana nantinya mereka akan meniru apa yang dilakukan orang tua, yakni sering memperlihatkan foto-fotonya pada orang lain melalui media sosial.  

3. Eksis di dunia maya 
Orang tua saat ini tak jarang yang selalu eksis di jejaring sosial. Padahal, jejaring sosial terkadang bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang. Ketika orang tua merasa jengkel, sedih, atau stres akibat ulah temannya di jejaring sosial. Anak pun bisa merasakannya dan itu tidak baik bagi kondisi kejiwaan si anak.  

4. Membatasi privasi anak 
Sebagai orang tua yang melek teknologi, seringkali mereka memata-matai kegiatan anaknya melalui gadget si anak atau akun jejaring sosialnya. Hal ini sebaiknya dihindari karena bisa membuat anak merasa tak punya privasi. 

 5. Menjadikan anak berbeda dari yang lain 
Memang setiap orang ingin anaknya berbeda dari yang lainnya. Namun, jika terlalu memaksakan kehendak, kalau memang si anak tidak cocok menjadi apa yang Anda inginkan, itu bisa berbahaya bagi perkembangan fisik dan psikisnya. 

 6. Jadi orang tua yang sempurna 
Ketika segala informasi bisa diakses oleh orang tua, mereka akan menemukan semakin banyak panduan bagaimana mengasuh anak atau menjadi orang tua yang ideal. Tanpa disadari, hal seperti itu bisa membuat orang tua ingin jadi yang sempurna.  

7. Adanya dokumentasi sejak dilahirkan 
Mengabadikan momen memang penting buah hati memang lumrah dilakukan orang tua. Namun, orang tua yang terlalu update dan mengunggah foto-foto anaknya di internet, bisa mempengaruhi pola pikir si anak di mana ia menjadi 'narsis' karena menganggap orang tuanya sudah mengenalkan foto-fotonya di internet dan bisa dilihat oleh banyak orang.  

8. Mengunggah foto di media sosial 
Selain membuat anak jadi narsis, menyimpan momen-momen penting di media sosial bisa juga membuat si anak mudah lupa atas apa yang pernah ia lakukan dan ia lewati.  

9. Mengulangi kesalahan 
Tak jarang orang tua sering mengulangi kesalahan yang pernah mereka lakukan sebut saja terlalu memanjakan anak, memaksakan kehendak, atau bahkan tak membiarkan anak untuk memilih apa yang ia inginkan sesuai dengan bakatnya, misalnya saja dalam hal pendidikan.  

10. Memberi informasi yang berlebihan 
Dengan mudahnya anak-anak mengakses internet, semua informasi dengan mudah akan mereka dapatkan. Tak jarang, kelebihan informasi yang seringkali tidak disaring membuat anak-anak cenderung bingung. Dilaporkan New York Magazine, kelebihan informasi itu juga bisa menimbulkan neuroplastisitas di mana otak mampu mengubah informasi berdasarkan pengalaman dengan kata lain otak bisa lebih efisien dalam merespon informasi yang diperoleh.  

11. Memberi lingkungan yang tak realistis 
Kini anak-anak sering terpapar berbagai informasi atau gambar dari dunia maya melalui laptop, tablet pc, atau bahkan melalui tv layar datar. Hal tersebut bisa saja menciptakan lingkungan yang tidak realistis atau jauh dari lingkungan nyata yang dihadapi anak-anak.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
 Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR