Rabu, 20 Mei 2015

Tips Pengobatan Tradisional Rabun Dekat untuk Usia Lanjut

Kelainan pada mata yang membuat penderita tidak dapat melihat objek yang dekat dengan baik disebut dengan hipermetropi. Istilah hipermetropi ini bisa juga di sebut dengan rabun dekat. Hipermetropi juga di kenal dengan istilah hiperiopi atau mata plus. Hipermetropi dapat merupakan kelainan dimana cahaya yang masuk kedalam bola mata penderita tidak mengalami akomodasi normal. Sinar jatuh pada titik fokus yang berada di belakang retina sehingga tak mampu melihat benda dalam jarak yang dekat dengan jelas. 

Rabun dekat merupakan kelainan mata yang di sebabkan oleh fungsi otot otot mata yang telah kendur. Biasanya kelainan ini terjadi pada manusia dengan rentang usia di atas empat puluh tahun ke atas. Kelainan ini merupakan akibat dari penurunan daya elastis lensa pada mata. pada umumnya jika seorang bayi hingga usia dua belas tahun mengalami hipermetropi. 

Setelah usia dua belas tahun mata seseorang akan kembali dengan normal melihat. Saat usia muda hingga dewasa kemampuan melihat seseorang sedang sangat baik. Ketika dewasa mulai menginjak empat puluh tahun kemampuan ini akan semakin menurun seiring dengan usia. Biasanya pada usia tua, manusia akan sulit melihat pada jarak dekat sekitar kurang lebih tiga puluh centimeter.  

Keluhan Yang Terjadi Bagi Penderita Rabun Dekat 

Penderita rabun dekat pada umumnya adalah orang tua yang telah mengalami penurunan fungsi penglihatan. Selain memang karena fungsi otot dan syaraf mata yang telah turun, penderita hipermetropi juga mengalami beberapa keluhan yang sering dirasakan sehari hari. Berikut adalah keluhan yang di alami oleh penderita hipermetropi :  

1. Pederita mengalami sakit kepala jika melihat dalam jarak dekat terlalu lama  
2. Tidak nyaman melihat dengan melakukan fokus dalam waktu lama  
3. Kabur melihat jarak yang dekat  
4. Pandangan akan kabur jika melihat dalam jarak dekat dengan waktu yang lama  
5. Jika tingkat hipermetropinya sudah tinggi akan kabur melihat jarak dekat.  

Mencegah Terjadinya Rabun Dekat 

Rabun dekat terjadi karena bola mata berbentuk lebih pendek dari pada bolamata manusia normal. Selain itu karena memang sistem optik yang bekerja pada mata mengalami kekurangan daya bias. Hal ini bagi orang yang telah berusia lanjut merupakan proses penuaan yang terjadi alami. Hal ini akan terjadi ketika penderita mengalami perubahan kemampuan dalam melihat dalam jarak dekat. Hal ini hampir di alami oleh semua orang di atas umur empat puluhan. 

Pada mata orang tua, lensa kristalin mengalami kukurangan daya elastisitas sehingga bentuk lensa mata menjadi cembung. Pencegahan terjadinya rabun dekat memang cukup sulit untuk dilakukan. Mengingat hal ini adalah proses yang pada umumnya terjadi pada manusia normal. Apalagi bagi yang memiliki profesi supir atau pelaut pada umumnya kan mengalami proses hipermetropi lebih cepat pada umumnya. Tindakan pencegahan dari kelainan ini bisa di lakukan dengan menjaga kesehatan mata sejak dini dan mengkonsumsi berbagai nutrisi yang menunjang kesehatan mata. Selain itu juga bisa melakukan terapi dengan bahan tradisional.  

Ramuan Tradisional Untuk Penderita Rabun Dekat 

Rabun dekat bisa di terapi dengan menggunakan ramuan tradisional. Ramuan ini bisa menggunakan jeruk nipis dan madu. Caranya adalah dengan dengan mengeringkan biji jeruk nipis kemudian menumbuknya hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut di seduh dengan air panas dan madu. Untuk menjaga kebersihan mata penderita bisa membersihkan mata dengan menggunakan air melati. Caranya dengan merendam bunga melati didalam air semalaman. Kemudian air rendaman itu di gunakan untuk membersihkan mata. lakukan sehari sekali untuk hal ini.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Andre Fillophy duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR