Minggu, 24 Juni 2012

Saat BAB Macet dan Bikin Sembelit, Lakukan Ini

Jakarta, Anda perlu buang air besar (BAB) secara teratur agar limbah hasil pencernaan tidak diserap kembali ke dalam darah Anda. Anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan untuk mengatasi kondisi buang air besar yang macet atau sembelit. Berikut 7 langkah yang dapat Anda lakukan agar sistem pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit, seperti dilansir dari dari mindbodygreen, Sabtu (23/6/2012) yaitu: 1. Hentikan kebiasaan ngemil diantara jam makan Jangan makan cemilan dahulu sebelum makanan yang Anda makan sebelumnya telah selesai dicerna. Jika jarak antara sarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akan mengalami penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit. 2. Kurangi konsumsi makanan olahan Makanan olahan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan. 3. Cegah dehidrasi Salah satu alasan sembelit adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, usus besar adalah organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehat memiliki persentase cairan yang sangat tinggi. Tubuh Anda juga membutuhkan cairan dari usus besar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu Anda perlu banyak minum air hingga 8 gelas per hari. 4. Kurangi konsumsi makanan yang sifatnya kering Makanan yang kering seperti kacang, keripik, dan biskuit dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Ketika Anda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih. 5. Rajin Berolahraga Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit. 6. Pijat perut Berikan pijatan lembut pada perut ketika sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanan dengan baik. 7. Tarik napas panjang Luangkan waktu untuk menarik napas panjang, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan. Sumber Linda Mayasari - detikHealth

5 komentar:

Cara Alami Mengobati Demam Berdarah mengatakan...

asik gan...keren

Obat Tradisional Kolesterol Tinggi mengatakan...

Bagus infonya , bermanfaat banget

Obat Tradisional Tumor Rahang mengatakan...

salam hangat n salam kenal slalu ya

Obat Tradisional Demam Berdarah mengatakan...

good luck

symb4h3 mengatakan...

@Semua...terimakasih atas kunjungan anda sekalian, semoga bermanfaat. Salam Sukses.

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SpONsOR