Kamis, 02 Januari 2014

Jika Mengalami 10 Hal Ini, Tandanya Ibu akan Segera Melahirkan

Wanita yang baru pertama kali hamil biasanya akan bertanya-tanya, seperti apa tanda-tanda persalinan? Hal seperti ini kadang justru membuat beberapa wanita menjadi stres. Untuk itu para calon ibu sebaiknya perlu tahu bagaimana ciri medis pertanda akan terjadinya persalinan. Pertanda paling jelas jika ibu akan melahirkan adalah terjadinya kontraksi. Setiap wanita merasakan sensasi kontraksi dengan taraf berbeda, namun kontraksi tahap awal biasanya seperti kram pada saat datang bulan. 

Kontraksi tahap awal biasanya berlangsung selama 30 hingga 60 detik dengan interval antara lima hingga 20 menit sekali. Meski demikian, interval itu berbeda-beda antara satu wanita dengan yang lain. Pada tahap kontaksi, mulut rahim akan melebar secara perlahan dari nol hingga sepuluh sentimeter. Selain kontraksi, ada beberapa pertanda lain yang menjadi alarm bahwa putra ibu akan segera lahir. Apa saja tanda-tanda itu? Dikutip dari Boldsky, Kamis (2/1/2014), inilah beberapa pertanda waktu kelahiran telah dekat.  

1. Keluarnya lendir atau flek. 
Salah satu pertanda semakin dekatnya tanggal kelahiran adalah bertambahnya cairan lendir dari vagina. Ini adalah pertanda awal bahwa ibu akan segera melahirkan. Pada masa ini, mulut rahim melunak untuk mempersiapkan kelahiran.  

2. Nyeri punggung. 
Pada beberapa wanita, awal persalinan biasanya dimulai dengan sakit pada bagian punggung bawah yang terus menerus. Hal ini adalah pertanda yang normal terjadi dan nyeri dapat diredakan dengan parasetamol dosis rendah, tentunya dengan anjuran dokter.  

3. Kram. 
Adanya kram atau nyeri pada perut yang rasanya seperti saat datang bulan juga merupakan pertanda bahwa kelahiran semakin dekat. Jika Ibu merasa tak nyaman, cobalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih nyaman, rileks, dan meredakan nyeri pada perut.  

4. Air ketuban pecah. 
Selama kehamilan, bayi mengambang dalam kantung berisi air ketuban yang melindunginya dari segala guncangan. Sesaat sebelum lahir kantung ketuban tersebut akan pecah, atau yang dikenal sebagai 'ketuban pecah'. Pertanda kelahiran ini adalah salah satu pertanda yang wajib diketahui oleh para wanita yang sedang hamil.  

5. Gangguan Perut. 
Jika Anda mengalami gangguan perut, bisa jadi tubuh sedang bersiap-siap untuk menghadapi persalinan. Tanda ini merupakan hal yang normal terjadi. Pasalnya hormon prostaglandin menstimulasi perut untuk lebih sering membuka.

6. Muntah. 
Selama kehamilan, beberapa wanita bermasalah dengan rasa mual. Jika sedang hamil tua, selalu memuntahkan apa yang telah dimakan merupakan tanda akan terjadinya persalinan. Beberapa orang mengatakan, muntah-muntah ini disebabkan oleh perpaduan rasa takut, nyeri, gairah, juga efek hormon.  

7. Kontraksi. 
Ini adalah salah satu tanda yang lazim terjadi. Pada saat berkontraksi, rahim akan mengencang dan mengendur untuk mempersiapkan lahirnya si jabang bayi. Proses mengencang-mengendur inilah yang disebut kontraksi dan menyebabkan rasa sakit.  

8. Merasa lebih ringan. 
Semakin dekat tanggal kelahiran, Anda akan merasa beban di perut semakin ringan. Mengapa bisa terjadi? Penyebabnya ialah karena bayi cenderung turun dan menetap di sekitar panggul. Ini juga membantu Anda bernapas lebih lega dari sebelumnya.  

9. Menggigil. 
Meski tidak demam, Anda juga bisa menggigil atau gemetar pada tahap awal persalinan. Hal ini merupakan pertanda umum yang dihadapi wanita ketika kelahiran akan terjadi.
  
10. Nafsu makan meningkat. 
Selama kehamilan, terkadang Anda akan mengidamkan makanan tertentu. Namun jika nafsu makan naik dengan drastis, berarti tanggal kelahiran semakin dekat.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Muamaroh Husnantiya - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR