Minggu, 19 Mei 2013

Inilah Alasan Mengapa Air Kelapa Murni Itu Menyehatkan

Air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Selain itu, minuman anti-penuaan ini juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dan memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, namun tidak berkalori tinggi. Sekitar 1 gelas air kelapa memiliki sekitar 46 kalori, sedangkan santan memiliki 550 kalori. Air kelapa juga diketahui tidak mengandung lemak dan sebagian besarnya terdiri dari gula alami dan mineral, kaya akan magnesium, kalium, serta tinggi serat.  

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi air kelapa, dikutip dari berbagai sumber:  

1. Membantu menurunkan berat badan 
Air kelapa dapat menghilangkan haus karena komposisi elektrolitnya yang sangat mirip dengan cairan tubuh manusia. Jika sedang haus dan minum air kelapa, ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga nantinya akan menunda rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (18/5/2013). Proses ini otomatis akan membuat porsi makan menjadi lebih sedikit, yang berarti total konsumsi kalori pun menurun. Selain itu, minum air kelapa juga diketahui dapat membuang racun yang akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat dan mengurangi rasa lapar. 

2. Mengganti cairan tubuh saat olahraga 
Dilansir dari Eating Well, air kelapa sudah dikenal sebagai minuman alami yang baik saat olahraga. Minuman ini baik dikonsumsi saat latihan ringan. Sekitar 1 gelas air kelapa menggantikan lebih dari 10 persen kalium-elektrolit dari dosis harian yang hilang melalui keringat saat olahraga. Namun manfaat ini akan berkurang ketika Anda berkeringat cukup banyak atau setelah melakukan latihan berat. Sebab ketika berkeringat, tubuh kehilangan 10 kali lebih banyak sodium dibandingkan natrium. Sedangkan air kelapa hanya mengandung sekitar 30 mg sodium per gelas.  

3. Bebas kolesterol dan rendah gula 
Air kelapa juga rendah kalori dan bebas kolesterol. Selain itu kalium yang dikandungnya lebih banyak dibandingkan dengan 4 buah pisang. Minuman ini juga memiliki citarasa yang manis, berisi karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Seperti dikutip dari Web MD, air kelapa alami (tanpa gula tambahan) mengandung 1,3 gram gula, 61 mg potasium, dan 5,45 mg sodium. 

Air kelapa memiliki kadar gula lebih sedikit dibandingkan beberapa jenis minuman olahraga dan mengandung gula jauh lebih sedikit daripada soda. Minuman ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa dan anak-anak. "Walaupun banyak manfaat yang bisa didapat dari minuman ini, namun perlu diingat bahwa tetap tidak baik jika mengonsumsinya secara berlebihan. 

Jika Anda minum terlalu banyak dalam 1 hari, kalori akan bertambah dengan cepat," ungkap Lillian Cheung, DSC, RD, ahli gizi dari Harvard School of Public Health. "Penting juga untuk memilih air kelapa yang benar-benar murni, tanpa pemanis tambahan apapun," imbuh Cheung, yang juga ikut menulis buku Savor Mindful Eating, Mindful Life.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR