Jumat, 26 Juli 2013

8 Trik Jitu Tetap Berenergi Meski Waktu Tidur Berkurang

Melewatkan satu malam tanpa bisa menutup mata dengan nyenyak pasti pernah dialami sebagian besar orang. Akibatnya, waktu tidur malam berkurang dan esok paginya saat bangun tidur tubuh terasa tidak berenergi. Kabar baiknya diutarakan Joyce Walsleben, PhD, "Tidur yang buruk dalam satu malam memang bisa membuat Anda kurang bernergi di keesokan harinya, tapi itu tidak akan menyakiti Anda dalam jangka panjang," kata Joyce yang juga menjadi salah satu penulis A Woman’s Guide to Sleep. 

Tapi jangan khawatir, ada trik untuk tetap merasa normal dan berenergi meskipun malamnya Anda tidak mendapatakan waktu tidur yang cukup, seperti dikutip dari Health Magazine, Jumat (26/7/2013) berikut ini:  

1. Lekas buka tirai di pagi hari "Cahaya alami dari matahari akan me-reset jam istirahat tubuh Anda dan membantu Anda menjalankan hari dengan lebih baik lagi. Bahkan intensitas cahaya yang rendah di cuaca berawan atau hujan akan membuat Anda merasa lebih baik daripada bohlam dalam ruangan," kata Joyce. Sinar matahari pagi adalah asupan terbaik untuk meremajakan perasaan Anda. Dengan sesegera mungkin membuka tirai dan mendapat sinar matahari, maka Anda bisa merasa lebih bahagia.  

2. Pilih sarapan yang tepat 
"Saat lelah, insting kita memerintahkan memilih makanan manis. Tapi, makanan tersebut justru mengakibatkan lonjakan gula darah dan tidak menstabilkan energi dalam tubuh," kata Samantha Heller, RD, koordinator nutrisi klinis di Center for Cancer Care di Griffin Hospital, Derby, Connecticut. Untuk energi yang lebih baik, mulailah hari Anda dengan protein sehat dan gandum kaya karbohidrat. "Mencoba muffin atau roti gandum dengan selai kacang dan irisan pisang bukan ide yang buruk," kata Samantha.  

3. Relaksasi paradoks 
Menurut Matius Edlund, MD, penulis buku The Power of Rest, obat ideal saat kurang tidur di malam hari yaitu dengan tidur siang. Tapi, hal itu sepertinya tidak mungkin terjadi bagi kebanyakan pekerja. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah bentuk istirahat aktif yang disebut relaksasi paradoks. "Fokus pada satu kelompok otot dalam tubuh Anda minimal 15 detik, konsentrasilah pada bagaimana rasanya, ulangi pada bagian tubuh atas dan bawah, kemudian secara mengejutkan Anda akan merasa seperti mendapatkan isi ulang energi," jelas Dr Edlund.  

4. Minum kopi perlahan 
Tak perlu menenggak kopi di pagi hari. Cukup tuangkan dalam termos dan perkirakan jumlahnya cukup sampai waktu Anda pulang kerja. Menurut studi dalam Journal Sleep, orang yang mengkonsumsi kafein setara dua ons kopi per jam masih bisa mendapatkan efek tidak mengantuk. Tapi, batasi minum kopi itu hanya sampai jam tiga sore atau Anda akan mengalami kesulitan tidur saat malam harinya.  

5. Berjalan-jalan 
Menurut Michael Breus, PhD, penulis The Sleep Doctor’s Diet Plan, waktu berkurangnya tidur saat malam hari biasa terjadi pada pukul 01.00 sampai 03.00. Jika Anda merasa sering menguap saat sore hari, cobalah melangkah keluar untuk berjalan-jalan selama 10 menit. "Gerakan itu bisa meningkatkan suhu tubuh dan menstimulasi jantung, otak, otot, dan mencegah merosotnya energi Anda. Bahkan mondar-mandir di kantor bisa membantu tubuh Anda lebih berstamina," kata Breus.  

6. Tidur tepat waktu 
"Tubuh kita memiliki ritme tidur dan bangun yang alami dan Anda akan mendapatkan pola tidur yang paling restoratif jika tetap mengikuti pola itu," kata Janet Kennedy, PhD, psikolog klinis di New City yang mengkhususkan diri pada masalah gangguan tidur. Menurut Janet, mengubah jadwal tidur untuk menebus waktu tidur yang hilang justru menyebabkan masalah lain. Pergi tidur satu jam lebih awal dari jam tidur normal, bisa membuat Anda terlambat bangun satu jam dari waktu bangun tidur normal.  

7. Minum cukup air 
Kurang tidur bisa menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi adalah faktor tubuh terasa lelah. Oleh karena itu Breus mengatakan minum air yang cukup bisa mengurangi kantuk. Trik lain yang bisa dicoba yaitu dengan mencampurkan sedikit es batu pada air minum Anda. "Tidak seperti minuman hangat yang cenderung membuat Anda rileks, minuman dingin bisa meningkatkan kewaspadaan karena lebih menyegarkan," kata Kennedy. 

 8. Cerahkan kulit 
Terdapat tiga langkah rutin perawatan kulit sederhana yang bisa membantu Anda terlihat lebih segar. Pertama, gunakan pemebersih muka yang lembut. Menurut dokter kulit di Boston, Ranella Hirsch, MD, menggosok perlahan kulit wajah bisa mendorong pergantian sel dan menghaluskan kulit sehingga Anda terlihat lebih segar. Kedua, bangunkan mata Anda. Caranya, cipratkan sedikit air dingin dan gunakan krim mata yang mengandung kafein. "Untuk lebih menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi munculnya pembengkakan," kata Dr Hirsch. Ketiga, saat menggunakan make-up aplikasikan beberapa warna karena sentuhan warna itu akan membuat wajah lebih bercahaya. 

 Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR