Senin, 27 Juni 2011

Demam Scarlet, yang Muncul Bareng Radang Tenggorokan

Deskripsi
Demam Scarlet atau disebut juga Scarlatina merupakan penyakit yang sering muncul bersama-sama dengan radang tenggorokan. Penyakit yang banyak menyerang anak usia 5-15 tahun ini sebenarnya mudah disembuhkan dengan antibiotik, namun kadang bisa memicu komplikasi serius pada hati dan ginjal serta bisa memicu kematian.

Pada abad ke-19, penyakit yang ditemukan oleh Theodor Billroth dan Louis Pasteur ini pernah

menjadi pemicu terbesar kematian anak di Amerika Serikat. Faktor kurang gizi pada masa itu, baik selama dalam kandungan maupun dalam masa pertumbuhan menyebabkan demam Scarlet bisa berkembang sedemikian parah.

Namun sejak penggunaan antibiotik mulai dikenal luas, demam scarlet mulai jarang berlanjut sampai parah. Selain faktor antibiotik, peningkatan status gzii pada manusia moderen dan pembentukan sistem kekebalan terhadap bakteri penyebabnya turut membuat demam Scarlet makin jarang ditemukan sejak abad ke-20. Itulah kenapa demam Scarlet mulai jarang ditemukan.

Penyebab
Demam Scarlet dipicu oleh bakteri yang sama dengan penyebab radang tenggorokan, yakni Streptococcus. Bedanya, pada demam Scarlet yang memicu demam bukan bakterinya melainkan racun eksotoksin yang dikeluarkan bakteri tersebut.

Penularan bisa terjadi dari orang ke orang melalui droplet atau butiran-butiran lendir yang tersembur saat bersin atau terbatuk. Masa inkubasi yang dibutuhkan sejak infeksi hingga munculnya gejala berkisar antara 2-4 hari.

Gejala
Hampir semua pasien demam Scarlet mengalami nyeri tenggorokan dan ruam kemerahan. Gejala lain yang sering menyertai penyakit ini adalah sebagai berikut:


1.Ruam merah di sekitar leher dan dada, lalu meluas ke bagian tubuh yang lain
Ruam di daerah lipatan-lipatan tubuh biasanya lebih gelap sehingga membentuk garis merah
2.Muka memerah
3.Lidah tampak merah dan bertotol-totol dan sering disebut lidah strawberry
Demam hingga 38,8 derajat celcius disertai menggigil
4.Nyeri tenggorokan disertai radang yang tampak memerah dan bercak luka yang memutih
5.Susah menelan
6.Kelenjar limpa di leher membengkak
7.Mual, muntah dan sakit kepala.


Pengobatan
Umumnya demam Scarlet akan mereda dalam beberapa hari dengan pemberian antibiotik dan istirahat yang cukup. Anak boleh kembali masuk sekolah jika sudah mendapatkan antibiotik dan dinyatakan sembuh jika dalam 24 jam demamnya sudah tidak kambuh.

Sumber: mayoclinic / detikhealt

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR