Kamis, 25 Juni 2015

Umpan Jitu Mancing Ikan Kepek

Umpan Jitu Mancing Ikan Kepek yang sering digunakan para pemancing adalah lumut basah. Namun tak hanya lumut yang bisa digunakan,sebab ikan Kepek pun doyan makanan lain mulai dari ulat blimbing hingga pelet buatan pabrik. ikan kepek serupa dengan ikan wader dan banyak dijumpai di sungai-sungai di Jawa sebelah selatan.Memiliki tubuh yang tipis,mungil dan tak jarang ada yang besar. Terbesar ikan Kepek cuma memiliki bobot 100gr dan panjang 12CM (3-3.5nyari). 
Ikan Kepek Mudah dalam pengembangbiakannya pada musim penghujan maupun musim kemarau. tak heran jika populasinya banyak di beberapa perairan sungai.Seiring berjalannya waktu ikan Kepek mulai menurun populasinya akibat oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab diantaranya Strumer,Racuner,dan overfishing. 

Untuk itu mari kita jaga & lestarikan  dengan cara diantanyanya measang plakat dilarang menggunakan Strum & Obat Kimia (racun dan sejenisnya), Jangan buang sampah di perairan, Jangan buang Limbah industri baik Rumah Tangga, Home Industri, maupun Pabrik, Jangan Overfishing ( ambil ikan seperlunya saja ), Tebar benih ikan dll. Memancing ikan kepek pun bisa sebagai aktifitas yang mengasyikkan. Perlawananya lumayan bertenaga untuk ukuran ikan dengan tubuh kecil. Untuk merasakan sensasi strike gunakanlah tegek berdiameter kecil pada ujungnya.Tegek boleh pilih yang Carbon ataupun Fiber, baik yang kolong ataupaun biasa itu tergantung selera para Angler (sebutan untuk pemancing) atau bisa menggunakan joran sederhana ataupun dengan reel minimalis.Untuk senar pilihlah senar dengan ketebalan 0.3-0.10 dengan 1-1.2LBS, lalu gunakan mata kail dengan ukuran 0.3-0.8 untuk kail dengan pangkal lubang, untuk kail tanpa lubang gunakan no.0.5-1.Gunakanlah pelampung kecil untuk single fighter (kail satu/normalnya) & pelampung sedang-besar untuk teknik renteng ataupun ombyok.cara pembuatan renteng ataupun ombyok silahkan anda googling sendiri atau lihat videonya via Youtube. Untuk brand/merk sesuai selera anda masing-masing, tapi saya merekomendasikan untuk senar :Orca,Ogawa,Hardcore,Vitro,Waterline, untuk kail kalau bahasa gaulnya ri pandan/cingir/patis saya recomended :neo carbon,kamikaze,carbon plus,mix Carbon,Sasame.  

Beberapa pilihan umpan jitu mancing ikan Kepek adalah :  

1.Lumut 
Gunakan lumut dengan tekstur halus dengan warna hiaju gelap.bila warnanya menguning atau coklat kehitaman jangan digunakan,karena ikan kepek kurang suka atau kurang Plung nyot dalam bahasa gaul pemancing. Taburkan sedikit garam supaya tektsturnya makin lembut.  

2.Ulat belimbing (set belimbing) 
Dapat diperoleh dalam buah belimbing busuk.Kumpulkan dan kupaslah buah belimbing busuk untuk diambil ulatnya (set/singgat) yang terdapat dalam buah tersebut. Ulat belimbing mempunyai warna putih agak kekuningan. Gunakan kantong plastik sebagai wadahnya.  

3.Pelet 
Saat Lokasi mancing adalah perairan tenang dan dalam seperti danau atau waduk maka umpan pelet akan lebih mengena. Namun sebelumnya pemancing harus menarik perhatian ikan agar mendekat dan berkumpul pada satu spot (area) mancing. Lakukan Chuming atau ngebom lebih dahulu menggunakan pelet di satu titik beberapa kali. ada pula yang memanfaatkan pelet ayam (BR) atau bekatul. Ramuan pelet ada yang memakai kuning telur itik ditambah susu bubuk (Sulur) denganhasil akhir seperti jelly atau sabun colek. ada juga yang menggunakan adonan berupa pelet lele,pakan ternak dan biskuit yg mengandung Keju seperti creker Nissin atau Klik dll.ketiga bahan tadi di blender hingga halus lalu di ayak. kemudian tambahkan susu bubuk dan minyak samin (Margarin/Blueband/Filma dll).  

4.Kroto 
Perairan Jernih akan menjadikan ikan Kepek gampang melihat umpannya.Umpan jitu mancing ikan Kepek yang satu ini pas/cocok digunakan dalam kondisi air sangat jernih. Untuk memperolehnya anda tinggal beli di toko/kios pakan burung. untuk menyimpannya pun cukup sederhana saja, cukup dengan dimasukkan ke dalam kulkas dan siap dipakai sewaktu2. Usahakan beli Kroto yg banyak berujud telur jangan kebanyakan yang berujud semut muda, karena ikan lebih suka yang masih berujud telur.  

5.Tahu 
Gunakan tahu yang baru saja diproduksi sehingga aroma kedelainya masih tajam. tahu kemudian di potong kotak dan boleh juga di jemur sebentar agar lebih liar jika dilempar ke air tidak mudah hancur (ambyar). Dari pengalaman mancing, tahu yg paling disukai ikan Kepek adalah tahu kuning. Kalau kesulitan mencari tahu kuning, cobalah beli tahu putih lalu rendam sebentar dengan air kunir.  

NB : Kelima umpan jitu mancing ikan Kepek di atas tidaklah baku, hanya berdasarkan pengalaman mancing saya, kalau anda punya resep sendiri silahkan gunakan resep anda masing-masing. Salam Strike, Salam Uncal Guyup rukun dari saya Member MMJ (Mancing Mania Jogjakarta)  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber dari berbagai sumber googling

12 komentar:

obat herbal varises mengatakan...

This article is a nice and interesting
obat herbal varises
obat herbal amandel
obat herbal lupus

Rani Spma mengatakan...

Waspada 11 Penyakit Yang Menyerang Organ Intim Wanita

Rani Spma mengatakan...

Obat Tradisional Yang Manjur Untuk Penyakit Gondongan
Tumor Abdomen Jenis tumor Yang Menyerang Anak

Unknown mengatakan...

Bayi Kejang Saat Demam, Apakah Itu Tanda Penyakit Ayan

4 Cara Perawatan Rumah Untuk Telinga Berdengung mengatakan...

4 Cara Perawatan Rumah Untuk Telinga Berdengung

Unknown mengatakan...

some alternative treatments naturally be the most appropriate solution in the treatment of various diseases.

Obat Alami Untuk Magg Kronis

Obat Hepatitis C Kronis
Pengobatan Maag Dengan QnC Untuk Semua Usia
Read more on our website www.tempatherbal.com

aryani fitria mengatakan...

Kanker Tulang Di Kaki Dan Tahap Pengobatannya
Disfungsi Tulang Pubis Dan Nyeri Tulang Panggul Pada Ibu Hamil
Solusi Ibu Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan
Manfaat Luar Bias Kopi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Obat QnC Jelly Gamat mengatakan...

I really like all oof the points you made.
obat liver
obat polip kolon
Mengobati Amandel Yang Sudah Parah
Obat Herbal Untuk Kista Payudara
Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil 9 Bulan

Unknown mengatakan...

Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan Terus Menerus
Efek Samping Operasi Kista Coklat
Penyebab Gejala dan Cara Mengatasi Hipertensi
Cara Mengobati Bisul di Payudara
Khasiat Teripang Emas Untuk Penyakit Jantung Bocor

lhea mengatakan...

download monopoly

SIBIRIN mengatakan...

jejak gan
https://www.chanto.me

Download Game Dan Software Terbaru mengatakan...

Mantep

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR