Kamis, 16 Januari 2014

Meski Sopan, 5 Kebiasaan Baik Ini Berpengaruh Buruk bagi Kesehatan

Berlaku sopan dan sesuai etika memang diperlukan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Misalnya saja saat makan, duduk, atau ketika bertemu dengan orang lain. Nah saat melakukan sesuatu yang dianggap sopan atau sudah sesuai etika, ada beberapa hal yang justru bisa berakibat buruk pada kesehatan. Dikutip dari Prevention, Kamis (16/1/2014) inilah lima hal yang sopan, sudah sesuai etika, dan biasa dilakukan orang tapi tanpa disadari bisa berpengaruh buruk pada kesehatan: 

1. Menahan lidah 
James O’Connor, penulis 'Cuss Control: The Complete Book on How To Curb Your Cursing' mengatakan tak ada salahnya jika sesekali, untuk membuktikan bahwa Anda berada di pihak yang benar, Anda mengatakan 'saya bersumpah'. 
Sebab, studi dalam Journal of Behaviour Medicine menemukan bahwa menahan sesuatu dalam diri termasuk juga kemarahan, bisa memperparah masalah punggung. Oleh karena itu, sebaiknya bedakan antara kondisi santai dan berhubungan sebab akibat. "Ketika Anda ingin bersumpah membuktikan suatu kebenaran, itu adalah emosi Anda yang meminta. Maka lakukanlah daripada berpengaruh buruk pada kesehatan Anda," papar O'Connor. 
 
2. Selalu mengatakan iya 
"Wanita tidak ingin memperburuk hubungannya dan menyakiti perasaan orang lain. Namun jika terlalu over melakukannya, Anda justru bisa kehilangan me time Anda misalnya jadi makan sembarangan, kurang tidur, dan melupakan keluarga Anda," kata Nanette Gartell, MD, penulis 'My Answer is NO…If That’s Okay With You'. 

Oleh karenanya, Gartell menyarankan para wanita agar bisa berbicara dengan sopan dan halus untuk menolak suatu ajakan. Katakan sesuatu yang menggembirakan dan bagus tentang hal tersebut dan beri alasan sebenarnya mengapa Anda tak bisa memenuhi permintaan itu. 

3. Makan dengan bersih 
Menyantap makanan sampai tuntas memang dianjurkan. Tapi dalam journal Appetite, dilaporkan bahwa 89 persen wanita menyantap makanannya sampai bersih meskipun mereka tahu sudah kenyang sebelumnya. Mike Sutter, kritikus restoran untuk FedManWalking.com menyarankan ketika Anda sudah merasa kenyang, segeralah jauhi piring sebab jika tidak, Anda bisa tergoda untuk membersihkannya karena terdorong rasa tidak enak hati dan harus sesuai etika. 
 
4. Berjabat tangan 
Ilmuwan dari Johns Hopkins Univeristy menemukan bahwa jabat tangan yang dilakukan sekitar 5.209 orang setelah wisuda, hanya ada tujuh persen bakteri yang dikumpulkan dan bisa membuat Anda sakit. Sementara itu, penelitian di Inggris menunjukkan bahwa orang yang berjabat tangan tujuh kali atau lebih dalam sehari, sembilan kali lebih mungkin terkena bakteri fecal di telapak tangannya. 

Untuk antisipiasi, sebaiknya cuci tangan dengan hand sanitizer atau lebih baik dengan sabun setiap selesai bersalaman dengan orang lain. Cara lain, bisa dengan membuat cairan pemersih tangan sendiri. Yakni dengan mengisi alkohol dalam botol sekitar 60 sampai 80 persen, lalu campurkan dengan gliserin. Masukkan dalam botol semprot kecil sehingga saat memakainya Anda tidak merasa seperti memakai gel layaknya hand sanitizer. 
 
5. Menerima semua permintaan teman di facebook 
Penelitian dari Spanyol menunjukkan bahwa mempunyai terlalu banyak teman di facebook yaitu lebih dari 354 berkaitan dengan ketidakbahagiaan. Sebab, dengan berbagi momen berupa gambar atau postingan, bisa membuat Anda jadi merasa tidak puas. 

Robin Dunhar PhD, profesor psikologi di Oxford University berpendapat bahwa kita hanya bisa mengelola 150 hubungan yang bermakna. Jumlah itu ia utarakan setelah meneliti jumlah rata-rata orang yang dicintai lewat pengiriman kartu natal. "Maka pilihlah teman yang akan Anda pilih di facebook. Hindari teman yang sudah tidak bertemu selama satu tahun dan yang tidak Anda kenal. Serta rajinlah menyaring daftar teman Anda," papar Dunhar.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR