Selasa, 13 November 2012

6 Cara Alami untuk Meringankan Sinus

Jika Anda merasakan nyeri pada pangkal hidung hingga kepala terasa pening, Anda mungkin mengembangkan kondisi sinusitis, yaitu peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Untuk meringankan rasa nyeri, Anda dapat melakukan beberapa pengobatan sederhana di rumah. Penyebab gangguan sinus sebenarnya cukup sederhana yaitu tersumbatnya lubang kecil yang menghubungkan saluran hidung dengan sinus oleh sekumpulan kotoran yang menumpuk di dalam sinus. Pada waktu yang bersamaan, gumpalan itu mengundang bakteri dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri di sekitar pangkal hidung. Gejala umum yang sering dialami penderita gangguan sinus adalah nyeri, susah bernafas melalui hidung, sakit gigi, pening, dan rasa tertekan pada telinga. Sinusistis merupakan masalah kesehatan yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, namun Anda dapat meringankan gejalanya. Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati gejala gangguan sinus, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa (13/11/2012) antara lain:  

1. Biji jintan hitam 
Untuk membantu melancarkan pernapasan yang terganggu karena sinus, ambillah beberapa biji jintan hitam dan ikat dengan kain tipis. Hiruplah bungkusan biji jintan tersebut untuk melegakan hidung sementara.  

2. Minyak kayu putih 
Jika biji jintan belum mampu melegakan pernapasan, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hiruplah uap panas dari campuran tersebut untuk meringankan gejala gangguan sinus.  

3. Minyak zaitun 
Oleskan minyak zaitun di sekitar hidung dan mata untuk mencegah sinus menjalar ke hidung. Cara ini juga dapat membantu membersihkan penyumbatan pada hidung.  

4. Kompres 
Jika Anda mengalami gejala pembengkakan karena sinus, terapkanlah kompres panas dan dingin di sekitar hidung untuk mengurangi bengkak. 

 5. Bawang merah dan bawang putih 
Makanan berbau tajam seperti bawang merah dan bawang putih terbukti bermanfaat dalam pengobatan sinus. Anda dapat mengunyah sejumlah kecil bawang mentah dan meningkatkan dosisnya secara bertahap untuk meredakan sinus. Anda juga dapat menambahkan bawang ke dalam masakan.  

6. Jus wortel 
Jus wortel memiliki manfaat penyembuhan yang sangat bermanfaat dalam pengobatan sinus. Anda dapat meminum segelas jus wortel atau menggabungkan wortel dengan mentimun atau bayam untuk membantu menyembuhkan gejala gangguan sinus. 

Untuk memaksimalkan pengobatan terhadap gejala gangguan sinus, hindari keempat hal berikut selama pengobatan:  
1. Parfum dan minyak wangi 
2. Gorengan dan makanan bertepung seperti kue dan kentang goreng  
3. Susu, gula dan alkohol 
4. Hindari mandi dengan air dingin, mandilah dengan air hangat untuk melegakan hidung yang tersumbat.  

6 komentar:

ika mengatakan...

makasih buat informasinya

ika mengatakan...

oke banget tuh informasinya

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

nice artikel

obat tradisional nyeri haid mengatakan...

thanks ya gan

obat tradisional osteoporosis mengatakan...

mantap nih informasinya

leo mengatakan...

bagus banget info2 nya


thanks

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR