Jumat, 20 September 2013

Ini Dia 9 Keluhan Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Saat menstruasi, berbagai macam keluhan seringkali dialami oleh wanita, mulai dari perubahan mood yang mendadak hingga keluhan nyeri. Namun Anda tak perlu khawatir, setiap keluhan tersebut juga memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya dengan cara yang mudah. Berikut 9 keluhan saat menstruasi dan cara mengatasinya, seperti dilansir Boldsky, Jumat (20/9/2013):  

1. Kram perut 
Kram perut saat menstruasi terjadi ketika dinding rahim dan lapisan endometrium sedang luruh. Untuk menguranginya, atasi dengan mengonsumsi gandum karena kandungannya membuat proses peluruhan lapisan endometrium menjadi lebih halus. Selain itu, bisa juga gunakan kantong berisi air hangat yang diletakkan di atas perut

. 2. Lemas berlebihan 
Banyaknya darah yang keluar saat menstruasi berarti mengurangi juga jumlah zat besi dalam tubuh. Atasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, jagung, kangkung, aprikot, jeruk, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum, daging sapi dan ikan untuk membantu mengembalikan energi dan membuat Anda tetap aktif.  

3. Nyeri punggung 
Nyeri punggung biasanya terjadi sebagai efek dari kram yang terjadi pada dinding rahim. Atasi nyeri punggung dengan tetap aktif dan jaga asupan cairan selama menstruasi.  

4. Gumpalan darah 
Beberapa wanita memiliki masalah pembekuan darah yang membuat keluarnya gumpalan darah dari vagina selama menstruasi. Ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Beberapa herbal seperti akar jelatang dapat membantu mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah.  

5. Perubahan mood 
Mood menjadi tak labil saat menstruasi terjadi akibat faktor hormonal. Situasi ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan dengan baik selama menstruasi. Pilih menu tinggi protein dan karbohidrat kompleks untuk memberi Anda energi dan menjaga kadar gula darah tetap konsisten.  

6. Infeksi vagina 
Memakai pembalut selama 5 hari berturut-turut dapat menyebabkan memar pada area genital dan berisiko infeksi. Oleh sebab itu, gantilah pembalut sesering mungkin dan pastikan area vagina tidak dalam kondisi lembab. 

7. Mual 
Mual saat menstruasi terjadi karena hormon yang berpengaruh pada sistem pencernaan. Atasi dengan mengonsumsi camilan atau kudapan manis, namun ingat jangan berlebihan. 

 8. Nyeri payudara 
 Lagi-lagi faktor hormonal menjadi penyebab munculnya nyeri pada payudara saat menstruasi. Kurangi efeknya dengan menggunakan pakaian dalam yang berbahan lembut dan dengan ukuran yang pas.  

9. Kembung 
Merasa kembung terjadi saat menstruasi terjadi akibat adanya retensi air. Batasi asupan garam selama sedang menstruasi. Selain itu sebisa mungkin hindari konsumsi kafein dalam bentuk apapun karena justru akan menambah efek kembung.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR