Sabtu, 09 November 2013

6 Makanan 'Jahat' yang Jadi Biang Keladi Kanker

Kanker disebabkan oleh banyak faktor, termasuk gaya hidup tidak sehat dan terbiasa makan makanan jahat. Setidaknya ada 10 makanan yang sering jadi biang keladi kanker. Berikut 6 makanan paling tidak sehat yang jadi penyebab kanker, seperti dilansir Dailyhealthpost, Sabtu (9/11/2013): 


1. Daging olahan 
Kebanyakan produk daging olahan, seperti bacon, sosis dan hot dog, mengandung bahan pengawet kimia yang membuat tampilannya lebih segar dan menarik, tetapi juga dapat menyebabkan kanker. Kandungan pengawet yang sering digunakan, sodium nitrite dan sodium nitrate, telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker usus besar dan bentuk lain dari kanker. Jadi pastikan untuk memilih produk daging yang diawetkan tanpa nitrat, dan sebaiknya dari sumber yang diberi makan rumput.

2. Microwave popcorn 
Popcorn terlihat sebagai makanan yang aman, tapi sebenarnya microwave popcorn dilapisi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis, dan kanker pankreas. Environmental Protection Agency AS (EPA) mengakui perfluorooctanoic acid (PFOA) dalam microwave popcorn merupakan bahan yang bersifat karsinogenik, dan beberapa studi independen telah mengaitkan bahan kimia untuk menyebabkan tumor. Demikian pula, diacetyl chemical yang digunakan dalam popcorn sendiri terkait dengan kerusakan paru-paru dan kanker. 

3. Soda 
Seperti daging olahan, soda juga telah terbukti menyebabkan kanker. Sarat dengan gula, bahan kimia makanan, dan pewarna, soda mengasamkan tubuh dan benar-benar memberi makan sel-sel kanker. Bahan kimia yang banyak digunakan dalam soda seperti pewarna karamel dan turunan 4-methylimidazole (4-MI) juga secara khusus dikaitkan dengan penyebab kanker.
4. Tepung 'putih' halus 
Tepung halus adalah bahan umum dalam makanan olahan, tetapi kandungan karbohidrat berlebih adalah penyebab keprihatinan serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Cancer Epidemiology, Mile Markers, and Prevention' menemukan bahwa konsumsi rutin karbohidrat olahan dikaitkan dengan peningkatan 220 persen kanker payudara di kalangan perempuan. Makanan tinggi glisemik secara umum juga telah dibuktikan dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang secara langsung memberi makan sel kanker dan membuatnya menyebar lebih cepat. 

5. Gula halus 
Hal yang sama berlaku juga untuk gula halus, yang cenderung meningkatkan insulin dengan cepat dan memberi makan pertumbuhan sel kanker. Pemanis kaya fruktosa seperti high-fructose corn syrup (HFCS) sangat ofensif, dan sel-sel kanker telah terbukti cepat dan mudah memetabolismenya untuk berkembang biak. 

6. Minyak terhidrogenasi 
Minyak terhidrogenasi umumnya digunakan untuk mengawetkan makanan olahan dan menjaga agar bentuknya agar tetap stabil. Namun, minyak terhidrogenasi mengubah struktur dan fleksibilitas membran sel di seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang melemahkan seperti kanker. Beberapa produsen menghentikan penggunaan minyak terhidrogenasi dan menggantinya dengan kelapa sawit dan alternatif yang lebih aman lainnya, tetapi lemak trans masih banyak digunakan dalam makanan olahan.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Merry Wahyuningsih - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR